Tips Sukses Mengelola Franchise Makanan Agar Menguntungkan

Tips Sukses Mengelola Franchise Makanan Agar Menguntungkan – Kondisi pandemic dan ketidakstabilan kondisi ekonomi seperti ini mengharuskan kita berfikir ulang untuk bagaimana mendapatkan pemasukan tambahan, dan salah satu caranya adalah membangun bisnis.

Tapi tidak semudah itu membangun bisnis dari awal karena kita harus mulai dari tangga nol atau dari tangga 1 , mulai dari membangun brand, design, foto, membangun SOP produk, operasional dll sangat banyak yang harus dipertimbangkan tapi ada satu cara untuk memulai bisnis dan langsung mulai dari tangga ke 5.

Yaitu dengan mengambil Franchise makanan, waralaba makanan atau biasa  juga disebut bisnis kemitraan, dengan mengambil waralaba makanan, kita bisa akan mulai di tangga ke 5. Namun tidak juga mudah kita bisa berhasil di Franchise atau waralaba makanan. Tapi kami akan share beberapa tips untuk dapat terus tumbuh dan berhasil di industry ini.

Bisnis waralaba makanan

Tips Sukses Mengelola Franchise Makanan Agar Menguntungkan

1. Controlling cabang

Kita tidak bisa memastikan bahwa cabang Franchise kita sudah berjalan dengan sangat baik hanya dengan melepas semua kegiatan kepada Karyawan atau Staff, kita juga harus turun langsung ke cabang agar memastikan tidak ada nya kecurangan karyawan dan memastikan SOP atau operasional outlet berjalan dengan baik. Agar secara produk dan pelayanan tidak mengecewakan konsumen di outlet. Baca Juga : Peluang Usaha Franchise Makanan di Jakarta

2. Pemesanan Bahan baku

Mitra atau Franchisee harus memiliki mindset bahwa salah satu cara berhasilnya 1 cabang Franchise adalah memastikan bahan baku yang digunakan harus sesuai Standart yang di berikan oleh pusat, jadi pastikan semua bahan baku harus sesuai SOP , agar secara standart rasa produk tidak berkurang.

3. Gunakan POS atau mesin kasir

Untuk memastikan pemasukan dan pengeluaran cabang tetap bagus dan tercontrol , lebih baik kita investasikan sedikit uang untuk menggunakan POS agar mengurangi kecurangan yang dilakukan staff.

4. CCTV

Karena kita tidak bisa memantau bisnis setiap menit atau jam maka Pastikan cabang gunakan cctv portable yang terkoneksi dengan internet , agar kita bisa pantau secara visual kegiatan operasional di outlet.

5. Promosi

Lakukan berbagai promosi yang di anjurkan Franchisor atau mengikuti promosi online agar penjualan bisa terus stabil dan meningkat. Baca Juga : Usaha Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

6. Review

Lakukan review mingguan dan bulanan untuk memastikan semua kegiatan operasional termasuk omset mencapai target nya, dan apa bila semua kegiatan sudah dilakukan dengan baik dan sudah sesuai SOP dan penjualan masih tidak bagus, coba lakukan Re-Lokasi atau mencari tempat yang lebih baik.

Nah temen-temen, itu adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan atau aplikasikan di outlet atau bisnis kemitraan kamu ya, saat sudah mengambil salah satu waralaba makanan atau Franchise makanan.

Semoga tips ini dapat berhasil ya.. Semangat !!