Tips sukses dalam presentasi berbisnis

Tips sukses dalam presentasi berbisnis – Presentasi adalah hal yang paling biasa dilakukan oleh setiap orang untuk mengemukakan suatu gagasan beserta penjelasannya secara formal. Presentasi juga merupakan salah satu media komunikasi masa karena merupakan proses penyampaian pesan dari presenter ke audience. Kendala yang sering dihadapi oleh presenter terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan Kendal yang muncul dari dalam diri seperti tegang, nervous, takut, malu dan cemas, tahapan lebih lanjutnya menyebabkan perut mulas, berkeringat dan tidak bisa bicara sehingga menyebabkan tidak maksimalnya proses penyampaian pesan. Selain itu faktor ekternal merupakan kondisi yang tidak terduga yang disebabkan karena audience yang bosan dengan cara penyampaian, terlalu bertele- tele atau tertidur dan malas mendengarkan presentasi. Baca juga informasi mengenai “Franchise Terlaris Di Indonesia“.

Tips sukses dalam presentasi berbisnis

presentasi bisnis

Tips sukses dalam presentasi berbisnis

Berikut adalah Tips sukses dalam presentasi berbisnis agar seorang presenter fokus dengan materi presentasi dan audience tertarik mendengarkan, yaitu:

  1. Informasi Penting

presentasi dalam bisnis yang baik adalah memiliki poin utama yang terstruktur mencakup sub-poin lainnya tapi Power point tidak harus banyak slide. waktu yang banyak seharusnya dijadikan diskusi yang berisi tanya – jawab antara presenter dan audience. Baca juga informasi mengenai “Usaha Sampingan Yang Menjanjikan“.

  1. Show your self, not your slide

Fokus denga apa yang kamu katakan, terlebih lagi bagaimana berbicara tanpa mengutip tulisan yang ada di slide dengan cara mengungkapkan data –data terbaik yang dimiliki dan Presentasi yang dibuat hanya untuk audience , tidak melenceng dari apa yang dibahas.

  1. Latih diri dengan sungguh – sungguh

Hanya praktik yang dapat meningkatkan kemampuan dalam presentasi. Praktik secara rutin bisa dilakukan dengan cara monolog atau dialog. Praktik juga bisa menyebabkan berubahnya karakter, namun diusahakan tetap low profil. Keuntungan lain dengan melakukan praktik atau latihan mampu mengetahui energi diri sendiri seperti emosi yang terlalu meluap- luap menyebabkan tidak nyaman beberapa audience. Selain itu, energi juga mampu menjaga presentasi tetap menyenangkan.

  1. Kalimat atau kata penghubung

Presentasi menggunakan alur yang terstruktur seperti bercerita namun membutuhkan kata penghubung untuk melanjutkan bahasan selanjutnya seperti ”bagaimana pun”, “akhirnya”, “sementara itu”, “meskipun demikian” dan lain sebagainya. Hal yang lebih rumit ketika menjadi kalimat penghubung untuk masuk ke topic baru.

  1. Body language and simple

Presenter yang bagus menggunakan gerak tangan, ekspresi muka dan kontak mata untuk menjaga audience tetap tertarik  pada apa yang dipresentasikan, selain itu jika memungkinkan bisa menguasai panggung dan mampu menjelaskan data yang sulit menjadi pemahaman bagi audience.

Baca juga artikel tentang “Tips Memulai langkah untuk siap berbisnis“. Semoga artikel Tips sukses dalam presentasi berbisnis bermanfaat, jangan lupa Like dan Share ya guys!