Tips Menjalankan Bisnis Waralaba Yang Sukses

Tips Menjalankan Bisnis Waralaba Yang Sukses – Banyak pemilik bisnis yang ingin memiliki usaha waralabanya sendiri dan tentunya para pebisnis tersebut memiliki alasan sendiri-sendiri. Kebanyakan dari mereka berpikir bukan hanya akan memiliki bisnis sendiri, tetapi mereka juga akan memiliki sistem bisnis yang sudah tervalidasi.

Alih-alih memulai Franchise Makanan Terlaris yang dapat meledak dalam waktu beberapa bulan atau dalam beberapa tahun, mereka lebih membeli waralaba karena telah terbukti menghasilkan dan tentunya karena sudah memiliki basis pelanggan sendiri.

Tetapi harus diingat, hanya karena Anda membeli bisnis waralaba bukan berarti Anda akan berhasil dalam berbisnis.

Pemilik waralaba bisa saja gagal mengelola bisnisnya, karena biasanya mereka menjadi terlalu percaya diri dan berpikir sistem bisnis yang sudah disediakan akan melakukan semua pekerjaan bisnis tersebut untuk mereka.

Tips Menjalankan Bisnis Waralaba Yang Sukses

Untuk anda yang ingin berbisnis waralaba berikut kami berikan saran atau langkah-langkah untuk memulai model bisnis yang satu ini.

1. Memiliki ketertarikan terhadap produk atau layanan yang akan dijual.

Ini mungkin terdengar seperti pemaksaan, tetapi kami telah bertemu banyak orang yang berada di puncak kesuksesan mereka tetapi tampaknya kebanyakan dari mereka tidak terlalu bersemangat tentang apa yang mereka lakukan.

katakan Anda suka hewan peliharaan, dan Anda menjalankan layanan perawatan hewan peliharaan – maka, kemungkinan besar energi dan antusiasme yang Anda akan alami akan selalu melekat ke dalam produk atau layanan yang anda ciptakan. Sehingga bisa membuat layanan / produk yang lebih baik untuk klien dan pelanggan Anda .

2. Cari Tahu Apakah Masyarakat Membutuhkan Produk / Layanan yang akan Anda jual.

Kita semua tahu bahwa bisnis waralaba itu termasuk bisnis yang sulit, dan sangat penting untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Tapi tetap saja, Anda tidak tahu apa yang tidak Anda ketahui.

Masyarakat sekitar tempat Anda berjualan mungkin tidak memiliki cukup banyak orang yang sesuai dengan target demografi untuk mendukung penjualan waralaba yang akan anda buka. Atau mungkin ada terlalu banyak restoran atau layanan sejenis yang ada di target lokasi anda untuk membuka usaha.

3. Pastikan Anda Memiliki Banyak Modal

Anda wajib memiliki cadangan uang yang cukup untuk biaya awal, dan Anda harus membuat anggaran dana yang akan membuat Anda tetap dalam bisnis selama enam bulan atau lebih.

4. Pekerjakan Tim yang Tepat

Ini sangat penting. Anda harus memiliki manajer yang berpengalaman dan dapat dipercaya, terutama jika Anda berencana untuk menjadi tipe pemilik yang jarang hadir. Dan Anda juga perlu mengatur agar staf Anda mendapatkan pelatihan yang cukup, baik di pembukaan awal waralaba maupun pelatihan lanjutan lainnya.

5. Perhatikan Layanan Pelanggan dan Reputasi Anda

Anda tidak dapat mengambil jalan pintas dalam waralaba apa pun atau dalam industri apa pun. Bahkan memperbaiki hal-hal kecil, seperti menemukan staff yang ramah terhadap pengunjung sangat penting.

Ulasan pelanggan melalui situs media sosial / hal lainnya dapat membuat sukses atau bahkan dapat menghancurkan bisnis Anda.

6. Bersiaplah Untuk Melakukan Pemasaran dan Periklanan

Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan pemasaran, Gunanya agar Anda dapat menyebarkan berita tentang bisnis Anda dengan segala cara yang Anda bisa, mulai dari iklan media sosial hingga iklan melalui email dan papan iklan reklame.

Anda mungkin merasa memiliki waralaba yang terbaik di dunia, tetapi jika orang tidak tahu bahwa bisnis Anda itu ada, maka hal itu akan percuma.

Terutama jika Anda bekerjasama dengan waralaba yang tidak terkenal dan belum di akui dunia (seperti McDonald’s atau Burger King), mereka tentu akan menang, karena mereka akan selalu mengeluarkan uang untuk periklanan agar konsumen tetap berkunjung ke outlet mereka.

7. Fokus Pada Pelanggan

Layanan pelanggan merupakan hal yang sangat penting, terutama jika Anda tidak bekerjasama dengan waralaba yang terkenal di dunia. Email, telepon, dan memberikan penawaran yang spesial merupakan hal yang penting.

Siapkan program member juga jika memungkinkan. Tanyakanlah kepada konsumen apakah mereka ingin masuk kedalam program member atau tidak ? Jika mereka mau, masukan mereka kedalam database konsumen anda dan berikan mereka hadiah yang menarik karena telah mau bergabung dan memberikan informasi diri mereka ke pada Anda.

Dan akhirnya, ingatlah untuk selalu teliti dan sabar sebelum meluncurkan waralaba Anda.

Sistem waralaba adalah sistem yang kompleks dan membutuhkan banyak waktu untuk mengeksplorasinya agar dapat membuat keputusan yang efektif, jadi penting untuk Anda agar meluangkan waktu dalam proses tersebut.

Semakin banyak waktu yang Anda investasikan kedalam waralaba tersebut, semakin cepat pula kemungkinan Anda mencapai BEP pada investasi waralaba yang Anda miliki.