Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan – Pelanggan yang loyal akan membuat pendapatan Anda terus mengalir. Faktanya, pelanggan yang loyal menghabiskan 67 persen lebih banyak dari pelanggan biasa, itulah sebabnya fokus pada sistem bisnis yang berulang adalah suatu keharusan. Baik bisnis waralaba makanan jepang, bisnis restoran, bisnis laundry dan bisnis lainnya. Tapi bagaimana caranya?

Lima puluh tujuh persen dari pemilik usaha kecil mengatakan bahwa memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan mereka akan membuat mereka lebih setia atau loyal. Hubungan yang baik akan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian, dan yang lainnyadan yang lainnya

Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Lihat lima cara ini untuk meningkatkan loyalitas pelanggan di bisnis Anda:

1. Buat layanan prioritas pelanggan

76% konsumen percaya layanan pelanggan perusahaan adalah cerminan dari seberapa besar mereka menghargai pelanggan, menurut Survei Pengalaman Konsumen Aspect 2015.

Jika Anda ingin pelanggan setia, layanan pelanggan yang luar biasa adalah suatu keharusan. Seorang pelanggan mengevaluasi setiap interaksi yang dia miliki dengan staf Anda dan membuat penilaian tentang layanan Anda.

Hal ini berarti staf di dalam toko Anda harus ramah, membantu dan efisien; tim dukungan layanan pelanggan Anda harus mudah diakses dan mampu memecahkan masalah secara tepat waktu; dan mereka harus bekerja untuk menjawab pertanyaan dengan cepat – bahkan di media sosial.

Penelitian menunjukkan pelanggan menginginkan layanan melalui media sosial, dan mereka mengharapkan respons cepat. 42% konsumen mengharapkan respons di media sosial dalam satu jam, dan 32% lainnya mengharapkan respons dalam 30 menit.

2. Berikan Reward Untuk Konsumen

Salah satu cara terbaik untuk membuat pelanggan kembali adalah memberi mereka hadiah atas kesetiaan mereka. Siapkan program loyalitas yang memberikan diskon, hadiah, dan penawaran eksklusif kepada pelanggan. Baca juga : Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Penelitian menunjukkan 76 persen wanita dan 72 persen pria cenderung berbelanja di bisnis yang menawarkan program loyalitas, menurut CrowdTwist.

Mengapa program loyalitas bekerja? Pelanggan ingin merasa dihargai. Lagi pula, mereka dapat memilih untuk membelanjakan uang mereka di mana saja, dan mereka telah memilih Anda. Itu bukan isyarat kecil, jadi Anda harus membalas budi melalui program loyalitas.

3. Minta saran dan dengarkan

Ketika orangtua Anda memberikan saran saat Anda remaja, Mungkin anda tidak perduli dan bersikap defensif dan mungkin mengatakan sesuatu seperti, “Dia tidak tahu apa yang dia bicarakan.

“Terkadang bisnis bereaksi terhadap umpan balik pelanggan seperti halnya seorang remaja. Mereka tidak ingin mendengarkan saran yang berharga – terutama jika itu adalah sesuatu yang tidak ingin Anda dengar.

Setiap bisnis harus berusaha mengumpulkan umpan balik dari pelanggan dan mendengarkannya.

Misalnya Jika pelanggan mengeluh tentang tata letak toko Anda yang buruk, Jika memang memungkinkan segera perbaiki. Setelah perbaikan selesai, beri tahu pelanggan tentang hal tersebut.

Ini cara yang bagus untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda tidak hanya membaca umpan balik mereka, tetapi juga menindaklanjutinya..

4. Tawarkan kenyamanan

Jadikan hidup terasa mudah bagi pelanggan Anda, dan mereka akan terus kembali. Pikirkan cara tentang bagaimana Anda dapat membuat pengalaman pelanggan lebih baik dengan cara yang lebih sederhana.

Pertimbangkan untuk memperlancar proses checkout Anda (Jika berjualan makanan online) sehingga pelanggan dapat lebih cepat melakukan transaksi. Dan buatlah diri Anda untuk dapat menjawab pertanyaan di media sosial daripada memaksa pelanggan untuk menelpon Anda. Baca juga : Tips Menarik Pelanggan ke Restoran Anda

5. Jangan hanya mencari keuntungan

Anda menjalankan bisnis. Menjual produk atau layanan sehingga dapat menghasilkan keuntungan. Kami mengerti. Tetapi, jika Anda hanya terhubung dengan pelanggan Anda ketika Anda ingin mereka membeli sesuatu, Anda akan kesulitan menjaga mereka untuk jangka panjang.

Pertimbangkan membuat event untuk mengapresiasi para pelanggan dan untuk menunjukkan rasa terima kasih Anda.