Tips Memulai Usaha Makanan Dari Rumah

Tips Memulai Usaha Makanan Dari Rumah – Untuk orang yang suka memasak atau membuat kue, belajar bagaimana memulai bisnis makanan dari rumah adalah langkah yang bagus untuk menggabungkan hobi dengan karir.

Seperti model bisnis yang lain, bisnis makanan dari rumah membutuhkan banyak riset dan perencanaan untuk memulainya. Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat memulai bisnis makanan dari rumah.

Tips Memulai Usaha Makanan Dari Rumah

1. Pilih Jenis Makanannya

Tentukan jenis makanan yang ingin Anda jual dan bagaimana cara menjualnya. Ada beragam pilihan bisnis makanan seperti katering, layanan pengiriman makanan, franchise makanan jepang ataupun jenis makanan lainnya.

Anda dapat fokus pada pasar tertentu, seperti katering pernikahan, pengiriman makanan untuk ibu yang baru melahirkan, atau membuka franchise makanan jepang yang dijual melalui gofood atau grabfood.

2. Lakukan Riset Pasar

Sangat penting bagi Anda untuk melakukan riset sebelum memulai bisnis makanan rumahan milik Anda. Karena industri makanan sangat kompetitif.

Pergi ke acara perkumpulan bisnis untuk mendapatkan insight baru tentang peluang pasar mana yang akan cocok untuk anda.

Clippy McKenna, pendiri Clippy’s, pembuat bumbu makanan, mengatakan bahwa jika Anda tidak dapat melakukan riset pasar yang lebih komprehensif, gunakan teman dan orang yang Anda kenal untuk menguji resep makanan Anda.

Setiap masukan yang Anda dapatkan sangat membantu.

3. Siapkan Rencana Bisnis

Meskipun rencana bisnis tidak harus dibuat ekstra formal, tentunya hal ini dapat membantu anda membuat ide yang lebih jelas dan yang lebih konkret.

Sangat penting jika Anda membutuhkan dukungan finansial, untuk meyakinkan investor Anda tentang keseluruhan strategi bisnis dan prospek keuangan Anda. Baca juga : 4 Tips Sederhana Memasarkan Bisnis Makanan

Jika Anda bingung untuk menulis rencana bisnis, Anda dapat mencarinya di google ataupun menyewa jasa para ahli.

4. Lisensi dan Izin

Anda perlu memeriksa aturan zonasi setempat untuk memastikan bahwa Anda diizinkan menjalankan bisnis makanan di luar rumah. Jika tidak, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menyewa ruangan dapur profesional.

Selanjutnya, Anda perlu memastikan bahwa fasilitas memasak Anda memenuhi semua persyaratan kebersihan makanan.

Hal ini menunjukan bahwa Anda harus memastikan bahwa dapur bisnis Anda jelas terpisah dari dapur pribadi Anda dan bahwa Anda tidak menggunakan peralatan dapur profesional Anda untuk penggunaan pribadi.

5. Beli Peralatan Terbaik

Beli peralatan dan bahan pembuatan makanan Anda dari brand-brand yang kualitasnya sudah terpercaya.

Hal Ini ditentukan oleh jenis makanan yang akan Anda buat, tetapi dapat mencakup benda-benda dasar seperti mangkuk, loyang, spatula, sendok dan peralatan lain serta alat pengukur / timbangan.

Hal Ini harus disimpan secara terpisah dari barang pribadi Anda seperti halnya bahan makanan.

6. Promosikan Bisnis Anda

Bergabunglah dengan grup bisnis atau anda dapat menghadiri acara-acara seminar bisnis. Menurut Erin Fuller, direktur eksekutif dari National Association of Women Business Owners, dengan cara inilah dia bisa mendapatkan klien pertamanya.

Menurut Stephen Hall, penulis From Kitchen to Market, berikan sampel makanan Anda secara gratis di pameran lokal. Baca juga : Menjalankan Bisnis Waralaba Restoran ? Pelajari 5 Tips Sederhana Ini

Pertimbangkan juga untuk menggunakan platform media sosial seperti Facebook dan Instagram atau bisnis e-commerce dengan platform seperti Shopify, Tokopedia atau Shopee.

Pasang banyak gambar produk Anda. Terakhir, bersiaplah untuk melakukan promosi langsung ke supermarket. Mungkin mereka akan tertarik untuk memajang produk Anda di rak mereka, jika anda memiliki rencana dan strategi yang terfokus.