Tips Memaksimalkan Penjualan

Tips Memaksimalkan Penjualan – Festival adalah sebuah peringatan besar yang diadakan secara rutin dalam kurun waktu tertentu serta diselenggarakan oleh masyarakat tertentu dalam memperingati hari- hari besar bersejarah yang tentunya melibatkan segmen masyarakat secara masive. Festival juga berisi berbagai rangkaian acara seperti  kompetisi, pertunjukan untuk memperkenalkan musik, budaya, dan seni maupun renungan terhadap masa lalu. upaya memeriahkan acara yang menarik agar kuantitas pengunjung di festival meningkat salah satunya dengan pihak penyelenggara menyediakan tempat untuk membuka usaha atau tempat berjualan bagi setiap orang yang berminat. Kesempatan ini digunakan untuk sarana dan prasarana berkumpulnya serta bersaingnya segala bentuk usaha penjualan. Berbagai macam barang dagangan seperti pakaian hingga aksesoris ditempatkan dalam satu tempat untuk menarik minat pengunjung. Baca juga “Investasi Usaha Kecil

tips memaksimalkan penjualan

tips memaksimalkan penjualan

Tips Memaksimalkan Penjualan

Momentum ini dijadikan proses pembelajaran oleh pemilik usaha bersama tim untuk turun lapangan bertemu dengan pesaing, konsumen dan merasakan tantangan tersendiri untuk mengkaji dan mengevaluasi usaha yang sudah dibangun serta menilai kemampuan dan kekompakan tim yang sudah dibentuk. Meningkatnya penjualan dalam festival tidak selamanya  bertumpu pada seberapa besar suatu brand / merk itu terkenal tetapi ada faktor lain yang tidak terlalu dipikirkan banyak pemilik usaha dalam meningkatkan penjualan di festival, bazaar atau event yaitu:

  1. Deep Research to location

Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan denah dan penempatan stand di lokasi. Ini menjadi semakin penting sebagai bahan pertimbangan untuk memaksimalkan penjualan. upaya tim mendapatkan informasi harus menggali semua pengetahuan teknis berupa: ‘dimana stand ditempatkan’, ‘siapa saja yang ada di kanan kiri stand kita’ atau yang lebih spesifik ‘apakah produknya sama atau tidak dengan apa yang dijual’. Lokasi sangat penting dalam mempermudah stand dilihat pengunjung atau konsumen sebab keterjangkauan tempat adalah hal yang bisa dibilang paling utama.

  1. Know who behind the festival

Pihak penyelenggara melakukan promosi besar- besaran untuk memeriahkan suatu acara agar menarik perhatian masyarakat, disamping itu juga kita sebagai pemilik usaha harus mengetahui siapa pihak yang bertanggungjawab atas berjalannya festival tersebut sehingga sebelum mendirikan stand sudah melakukan perjanjian sebelumnya oleh Event Organizer (EO). kepercayaan yang dibangun akan menumbuhkan nilai- nilai kerjasama secara professional dan terbukanya inter-link yang mempermudah jaringan dalam bisnis yang berkelannjutan.

  1. See our stand guys!

Setelah dicapainya kesepakatan penempatan stand oleh pihak penyelenggara mesti diupayakan untuk mulai membuat konsep: paduan antara disain, warna dan pencahayaan yang ada di stand kita. meskipun menghias stand merupakan hal sepele dan tidak perlu di konsep tetapi Hal ini menjadi sangat penting terlebih lagi untuk promosi atau memperkenalkan produk baru oleh pemilik usaha yang baru pula. setelah disain sudah dirasa bagus, selanjutnya pengelompokan produk yang display dengan sentuhan seni dekorasi akan memanjakan konsumen atau pelanggan.

Informasi lainnya ” Mitra Kerja dengan Iklan Gratis

  1. Let me introduce my self, please..

Pembayaran merupakan tahapan akhir dari pertemuan antara penjual dan pembeli atau perpisahan dari pemilik usaha dengan konsumen atau calon pelanggan. Namun, perkenalan tidak dengan hanya menjual produk tetapi melampirkan informasi tentang usaha yang sedang djalankan, informasi yang kita sisipkan di dalam produk merupakan tujuan kita yang bisa dilakukan dengan memberikan identitas atau kontak pribadi pemilik usaha dan keterangan lainnya yang berisi sosialisasi atau himbauan untuk menjaga kebersihan “go green” , bisa juga keinginan untuk melakukan kerjasama dan sekedar perkenalan tergantunng dari tujuan si pemilik usaha. Semua itu dikemas dengan apik seperti souvenier bagi konsumen.

  1. Serve my lord

Tips yang terakhir dillakukan adalah dengan memperlakukan pelanggan atau konsumen dengan baik sebaik-baiknya. Ada pepatah mengatakan bahwa “tamu adalah raja”, ini juga berlaku di dalam penjualan produk di festival atau tempat ramai. Konsumen yang datang akan bertanya ketersediaan produk, harga dan apapun itu yang berkaitan dengan informasi produk yang dijual. Tim yang sudah professional berusaha sebaik mungkin memberikan arahan dengan sikap sopan karena ini mempengaruhi image lapangan yang melekat di dalam usaha yang sedang berjalan.

Baca artikel tentang bisnis ” Pemimpin Sukses dalam Mengatur Bisnis Peluang Usaha dan Waralaba ”

Hal di atas merupakan sebagian kecil dari tips bagaimana melihat hal yang biasanya dilupakan dalam usaha penjualan produk khususnya  yang ingin belajar merasakan di lapangan. Ikuti berbagai tips menarik, unik dan atraktif dalam dunia bisnis dan sebagainya.