Ternyata Ini Rahasia Diet Penduduk Okinawa

Rahasia Diet Penduduk Okinawa – Ada banyak cara menurunkan berat badan yang kita ketahui bahkan kita coba. Namun untuk menurunkan berat badan yang terpenting ialah bukan pada hasil yang dicapai, tetapi pada kesehatan kita sendiri. Jangan sampai keinginan untuk menurunkan berat badan justru membahayakan kesehatan kita sendiri.

Ternyata Ini Rahasia Diet Penduduk Okinawa

Warga Jepang khususnya di daerah Okinawa punya prinsip pola makan sehat Hara Hachi Bume atau Hara Hachi Bu. Hara Hachi Bu ( 腹八分), memiliki arti : 腹 (Hara) adalah perut, 八 (hachi)) adalah delapan, dan 分 (Bun) adalah bagian. Dengan kata lain Hara Hachi Bu memiliki arti “makanlah sampai 80% kenyang”.

ternyata ini rahasia diet penduduk okinawa

Cara ini merupakan sebuah kebiasaan yang cerdas karena reseptor pada lambung memang memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Cukup mengisi hingga terasa 80% penuh, tunggu beberapa saat, dan andapun akan merasa kenyang.

Baca Informasi Tentang ” Franchise Sukses di Indonesia

Selain itu kebiasaan makan sampai merasa kenyang tidaklah baik karena otot lambung akan mengalami peregangan, sehingga kita membutuhkan lebih banyak makanan untuk merasa kenyang.

Ternyata Ini Rahasia Diet Penduduk Okinawa

Wanita Okinawa, Sumber gambar : powerofokinawa.com

Menurut Dr Bradley J Willcox dalam bukunya, The Okinawa Diet Plan: Get Leaner, Live Longer and Never Feel Hungry. Rahasia Diet Penduduk Okinawa berdasarkan pada Prinsip pola makan mereka, antara lain :

1.Perbanyak makan sayuran, buah-buahan yang kaya serat

Buah dan sayur yang mengandung serat merupakan menu wajib setiap hari. Fungsi serat membantu mencegah penimbunan lemak, membantu meningkatkan fungsi usus-usus besar, dan membantu proses pembentukan otot.

2.Perbanyak makan ikan laut

Protein dan lemak hewani mereka peroleh dari ikan. Ikan laut memiliki keunggulan mengandung asam lemak omega 3 yang lebih tinggi kadarnya dibandingkan ikan air tawar.

3. Banyak minum air putih

Penduduk Okinawa sangat sedikit mengonsumsi alkohol. Mereka terbiasa minum air putih minimal enam gelas sehari. Cairan sangat penting untuk mendukung kelancaran metabolisme dan reaksi kimia dalam tubuh.

4.Kurangi minyak Diet

Okinawa juga membatasi mengonsumsi minyak nabati dan hewani. Jenis asam lemak yang dominan dikonsumsi adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat diperoleh pada minyak canola dari biji-bijian. Hal ini dapat mencegah timbunan kolesterol dan trigliserida berlebih penyebab timbulnya berbagai penyakit.

5.Kurangi garam dan penyedap

Pelaku diet Okinawa dianjurkan untuk tak berlebihan mengonsumsi garam. Disarankan pemakaian garam rata-rata hanya tiga sendok teh sehari.

Baca juga Informasi tentang ” Peluang Usaha yang Sukses dengan Investasi Karyawan

6.Hindari makanan olahan yang dibuat dengan penambahan bahan-bahan kimia.

Sebagai gantinya, pilihlah camilan yang aman, seperti buah, sereal, atau roti gandum. Sedapat mungkin tidak mengonsumsi makanan olahan yang dibuat dengan penambahan bahan-bahan kimia.

7.Perbanyak makan biji-bijian

Jenis kacang yang paling banyak mereka konsumsi adalah kacang kedelai, baik dalam bentuk polong rebus maupun olahan, seperti miso, tahu, dan kembang tahu. Sup miso dengan campuran bayam dan nasi menjadi menu pembuka mereka di pagi hari.

Beberapa manfaat dari Hara Hachi Bu :

1. Mencegah penuaan dini

2. Mengurangi resiko penyakit jantung

3. Meminimalisir produksi radikal bebas, radikal bebas ini adalah molekul yang mengotori sel yang digerakkan oleh metabolisme tubuh ketika makanan diolah menjadi energi

Tidak heran jika penduduk Okinawa Tetap langsing dan fit. karena berkat rahasia diet penduduk okinawa ini banyak dari mereka rata-rata memiliki indeks masa tubuh 18-22. Tak hanya itu, warga Okinawa terkenal berumur panjang, lebih dari 100 tahun. Selain itu, jumlah penderita penyakit jantung 80 persen lebih rendah.

Angka penderita stroke juga jauh dibawah Amerika. Mayoritas warga Okinawa memiliki kadar kolesterol dibawah angka 180, kadar homocystein rendah dan tekanan darah yang normal. Jumlah penderita kanker 50-80 persen lebih rendah, khususnya kanker payudara, ovarium dan juga prostat.

Baca juga Artikel Tentang ” Jenis Kimono Jepang dan Motifnya

sekian informasi dari kami mengenai Rahasia Diet Penduduk Okinawa, jika merasa informasi ini bermanfaat jangan lupa klik like and share ya. Arigatou Gozaimasu