Strategi menentukan Gaji dan Rekruit Staff untuk Outlet Gerobakan

Strategi menentukan Gaji dan Rekruit Staff untuk Outlet Gerobakan – Membangun bisnis memang tidak semudah buku motivasi dan tidak seindah puisi, banyak masalah dan tantangan yang benar-benar kamu harus hadapi, mulai dari masalah kecil sampai dengan masalah besar.

Masalah yang biasanya muncul di awal bisnis usaha makanan adalah Lokasi, Produk, SDM, Penjualan, SOP,dan operasional harian di outlet. Namun bukan berarti adanya masalah kita menghindar atau menyerah. Kamu harus bisa mencari solusi atas apa yang sedang terjadi di bisnis kuliner kamu.

Dan kali ini kita akan sedikit mengupas tentang masalah SDM atau karyawan. Karena ini adalah masalah yang benar-benar akan muncul saat operasional mu sudah aktif dan berjalan. Biasanya masalah tersimpelnya adalah keluar-masuk staff , Gaji kekecilan , Jam kerja sesuka-suka , SOP Outlet tidak di indahkan , Kebersihan tidak di perhatikan , kerapihan tidak di benahi dllnya. Baca Juga : Membangun Bisnis dari Nol

Maka dari itu mimin coba bahas sedikit dan semoga masukan mimin bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang bermasalah di sini.

Strategi menentukan Gaji dan Rekruit Staff untuk Outlet Gerobakan

1. Gaji

Kita sebagai pemilik bisnis akan bingung di awal, karena bisnis yangbaru launching kita tidak bisa memastikan apakah sales nya langsung bagus atau 2-3 bulan pertama penjualan masih di bawah standart.

Itu membuat pemilik bisnis bingung dan takut untuk menggaji terlalu besar karena sales tidak menentu, dan bila gaji terlalu kecil staff akan kabur.. solusi dari mimin, cek gaji di staff outlet sekitar ambil rata-rata nya dan gajidi tengah.Contohnya gaji disekitar outlet ratenya 2-2.5 juta jadi kamu gaji bisa 2 juta diluar bonus atau 2.3 juta di tengah-tengah.

2. kontrak staff

Staff di gerobakan biasanya tidak terlalu peduli akan penjualan dllnya, mereka hanya perduli tentang mereka sendiri. Jadi saran mimin buatlah kontrak secukupnya dan berikanlah gaji di tengah2 rate staff sekitar.

3. Masuk jam kerja

Karena kita tidak bisa di lokasi setiap hari, pastikan cctv portable tersedia di outlet anda untuk memsatikan karyawan buka dan tutup secara ontime, atayu minimal minta no.tlv tetangga yang jual dekat sana untuk pantau staff di outlet.

4. Kebersihan

Pastikan kamu membuat SOP kebersihan serinci mungkin, misalnya sebelum dan sesudah memasak harus di bersihkan minimal meja di bersihkan setelah melayani pembeli, dan dibersihkan total sebelum dan sesudah selesai jualan. Baca Juga : Usaha Franchise Menjanjikan Untuk Pemula

5. Bonus

Pastikan untuk menambah kinerja staff agar lebih baik pastikan ada bonus yang realistis untuk si staff, misalnya omset 500rb dapat 10rb dst. Untuk menaikan pelayanan dan penjualan di outlet.

6. Rekruitment

Untuk awal bisnis, karena kita sebagai pemilik bisnis tidak bisa menggaji staff tinggi, pastikan kita mencari staff yang dekat dengan lokasi usaha makanan kita, agar mereka tidak ada biaya operasional yang besar seperti ongkos. dan untuk mencarinya bisa menggunakan strategi bertanya dengan staff sekitar, apa ada yang mau kerja di outlet saya?? biasanya mereka punya teman yang sedang mencari kerja.

Nah segitu dulu ya masukan dari mimin semoga bermanfaat dan bisa di aplikasikan di outlet kamu. Semangat berwirausaha semoga berhasil !!!