Sssst Ini loh 10 Rahasia Sukses Orang Jepang

Sssst Ini loh 10 Rahasia Sukses Orang Jepang – Seperti kita ketahui, Jepang adalah salah satu negara yang maju dan berjaya di antara negara di asia. Meskipun Jepang pernah mengalami kekalahan di Perang Dunia II tahun 1945 atas dibomnya kota Hiroshima dan Nagasaki, namun tetap bisa bangkit dan berkembang menjadi negara yang maju. Mari simak 10 rahasia sukses orang jepang!

Sssst Ini loh 10 Rahasia Sukses Orang Jepang

Sssst Ini loh 10 Rahasia Sukses Orang Jepang

Sumber Gambar : Kaskus

1. Hidup Hemat

Semangat untuk berhemat sudah menjadi keseharian dalam kehidupan orang Jepang. Mengingat biaya hidup yang cukup tinggi, orang Jepang sudah memiliki kebiasaan untuk berhemat. Sikap konsumerisme di kehidupan sehari-hari orang Jepang. Meski dikenal sebagai negara produsen barang-barang elektronik, tetapi orang Jepang dikenal memiliki semangat hidup hemat dalam keseharian. Sikap anti konsumtif itu tercermin dalam berbagai sendi kehidupan Kebiasaan ini didukung dengan kebijakan toko dan supermarket yang memberikan diskon setengah jam sebelum tutup.

baca juga informasi Tentang ” Bisnis Sampingan dengan gaji harian

hidup mandiri

Sumber Gambar : kesekolah.com

2. Mandiri

Masyarakat Jepang sudah terbiasa dilatih untuk mandiri sejak dini. Di Jepang, murid-murid SD diwajibkan untuk memperhatikan keperluannya sendiri. Bahkan, lulus SMA, orang Jepang sudah memiliki kebiasaan untuk tidak lagi meminta pada orangtua dan malah mengandalkan kemampuannya sendiri untuk mencari uang.

pantang menyerah

Sumber Gambar : blog.kyokushin-indonesia.com

3. Pantang Menyerah

Sikap yang satu ini memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan orang Jepang. Sejarah mencatat Jepang merupakan salah satu negara kuat yang mampu menguasai sebagian besar wilayah di dunia, meskipun luas wilayahnya sangat kecil. Hal ini dikarenakan semangat juang yang tinggi dari para pemimpinannya. Semangat pantang menyerah inilah yang kemudian membangun karakter bangsa Jepang yang tangguh, teliti, rajin dan pantang menyerah. Sikap itu terus dijalani turun temurun hingga saat ini. Terbukti ketika tragedi Tsunami beberapa waktu lalu menyapu hampir seluruh wilayahnya, Negeri Matahari Terbit ini mampu bangkit kembali dalam waktu yang tidak lama.

budaya malu di jepang

Sumber Gambar : media.infospesial.net

4. Budaya Malu

Malu adalah budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Harakiri (bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut) menjadi ritual sejak era samurai, yaitu ketika mereka kalah dan pertempuran. Masuk ke dunia modern, wacananya sedikit berubah ke fenomena “mengundurkan diri” bagi para pejabat (mentri, politikus, dsb) yang terlibat masalah korupsi atau merasa gagal menjalankan tugasnya. Efek negatifnya mungkin adalah anak-anak SD, SMP yang kadang bunuh diri, karena nilainya jelek atau tidak naik kelas. Karena malu jugalah, orang Jepang lebih senang memilih jalan memutar daripada mengganggu pengemudi di belakangnya dengan memotong jalur di tengah jalan. Mereka malu terhadap lingkungannya apabila mereka melanggar peraturan ataupun norma yang sudah menjadi kesepakatan umum.

tradisi jepang

Sumber Gambar : blogspot.com

5. Menjaga Tradisi & Menghormati Orangtua

Meskipun perkembangan teknologi dan ekonomi Jepang sangat pesat, bukan berarti mereka menutup mata terhadap tradisi. Masyarakat Jepang dikenal sangat mencintai tradisinya, termasuk menghormati orangtua. Budaya minta maaf juga menjadi tradisi yang ada hingga sekarang, maka jangan heran jika begitu Anda menabrak orang Jepang tanpa sengaja, maka orang tersebut yang akan spontan meminta maaf lebih dulu. Masyarakat Jepang juga sudah kental dengan tradisi enggan berkata “tidak” ketika mendapat tawaran orang lain.

Baca Juga Informasi Tentang ” Kemitraan Bisnis Sampingan dengan Modal Terbatas

loyalitas

Sumber Gambar : googleusercontent.com

6. Loyalitas

Loyalitas membuat sistem karir di sebuah perusahaan berjalan dan tertata dengan rapi. Sedikit berbeda dengan sistem di Amerika dan Eropa, sangat jarang orang Jepang yang berpindah-pindah pekerjaan.

inovasi jepang

Sumber Gambar : sayangi.com

7. Inovasi

Jepang bukan bangsa penemu, tapi orang Jepang mempunyai kelebihan dalam meracik temuan orang dan kemudian memasarkannya dalam bentuk baru. Dari sekian banyak penemuan teknologi yang telah diciptakan ternyata Jepang tidak mau berhenti berinovasi. Mereka terus saja berkarya dan berkreasi membuat penemuan-penemuan serta teknologi-teknologi lainnya yang mampu mendukung dan mempermudah kehidupannya. Contohnya seperti diatas, orang jepang gemar sekali membentuk aneka buah menjadi bentuk-bentuk yang unik. Walaupun dibutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi hasil yang didapatkan sangat besar dan membuat petani dijepang mendapatkan penghasilan besar tiap tahunnya dari bisnis pertaninan yang mereka geluti.

pekerja-keras-di-jepang

Sumber Gambar : sukajepang.com

8. Pekerja Keras

Masyarakat Jepang memang dikenal sebagai pekerja keras. Rata-rata waktu bekerja mereka melebihi rata-rata waktu bekerja di negara lain. Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika (1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680 jam/tahun). Seorang pekerja Jepang yang pulang lebih cepat dianggap sebagai pekerja yang tidak penting dan tidak produktif. Ukuran nilai dan status orang Jepang didasarkan pada disiplin kerja dan jumlah waktu yang dihabiskan di tempat kerja. Kecintaan orang Jepang pada pekerjaannya, membuat mereka fokus pada pekerjaannya. Tanpa ada pengawas pun mereka bekerja dengan baik, penuh dedikasi, dan disiplin.

kebiasaan membaca dijepang

Sumber Gambar : bimba-aiueo.com

9. Budaya Baca

Jika anda ke Jepang dan masuk ke densha (kereta listrik), sebagian besar penumpangnya baik anakanak maupun dewasa sedang membaca buku atau koran. Tidak peduli duduk atau berdiri, banyak yang memanfaatkan waktu di untuk membaca. Kebiasaan membaca di Jepang diawali dari sekolah. Para guru mewajibkan siswa-siswanya untuk membaca selama 10 menit sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kebijakan ini telah berlangsung selama 30 tahun. Bahkan Menurut data dari Bunkanews, jumlah toko buku di Jepang adalah sama dengan jumlah toko buku di Amerika Serikat. Amerika Serikat adalah dua puluh enam kali lebih luas dan berpenduduk dua kali lebih banyak daripada Jepang.

kerja sama kelompok dijepang

Sumber Gambar : google.co.id

10. Kerjasama Kelompok

10 Rahasia Sukses Orang Jepang yang terakhir adalah kerja sama kelompok Budaya di Jepang tidak terlalu mengakomodasi kerja-kerja yang terlalu bersifat individualistik. Termasuk klaim hasil pekerjaan, biasanya ditujukan untuk tim atau kelompok tersebut. Naomi Kudo dari perusahaan pencari kerja di Jepang, PT Originator mengungkapkan, di Jepang mengutamakan kerjasama alias team work. “Skill indvidu memang penting, tapi yang utama adalah kerjasama untuk mencapai suatu tujuan,” jelas Naomi. Dia menjelaskan, perusahaan sering memberikan beban kerja dalam bentuk berkelompok. Kerjasama dalam team work, kata Naomi, membuat karyawan bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing. “Karena dengan bekerjasama, maka kemampuan individu bisa berkembang,” tuturnya.

Itu dia 10 Rahasia Sukses Orang Jepang, jadi kalau kalian ingin sukses seperti mereka, tidak ada salahnya mengambil point-point penting diatas untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. sekian informasi 10 Rahasia Sukses Orang Jepang.

Artikel lainnya juga Baca ” Kuliner Asli Jepang Yang Wajib Anda Coba “Jangan Lupa Like & Share ya, Arigatou Gozaimasu.