Pentingnya Komunitas Di Era Digital

Pentingnya Komunitas Di Era Digital

Pentingnya Komunitas Di Era Digital – Komunitas dapat menjadi satu strategi yang ampuh dalam memasarkan produk di era digital ini. Apalagi jika anda sedang mengembangkan peluang usaha / bisnis sampingan untuk di jadikan sebuah waralaba / franchise baik waralaba makanan / franchise makanan ataupun bisnis lainnya. Lalu, bagaimana komunitas dapat memberikan nilah lebih untuk bisnis ? dengan komunitas dapat melibatkan pelanggan secara ampuh dan terkesan tidak memaksa, menciptakan suatu aliran percakapan dan informasi bermanfaat, baik bagi perusahaan, konsumen, maupun pasar.

Sementara bagian divisi periklanan, promosi, humas, dan penjualan, fokus pada pencarian konsumen baru. Komunitas di fokuskan untuk mengelola kebutuhan para pelanggan yang sudah di dapat. Lewat komunitas para pelanggan lebih mudah berinteraksi dengan sesama pelanggan , menghubungkan pelanggan dengan non pelanggan, menciptakan loyalitas yang lebih dalam, dan membatu perusahaan agar bisa mendapatkan input berharga dalam usaha meningkatkan kualitas produk atau layanannya.

Komunitas di Era Digital

Komunitas di Era Digital, sumber gambar : acpcomputer.edu.sg

Komunitas di Era Digital

Dulu komunitas masih banyak menemukan kendala, seperti waktu, jarak, fasilitas dan lain-lain. Karena setiap aktivitas yang dilakukan komunitas harus berkumpul secara fisik disuatu lokasi yang sama dan pada saat yang bersamaan. Tapi dengan adanya Era digital ini, interaksi dalam komunitas bisa dilakukan tanpa harus bertemu secara fisik.

Lewat berbagai media social yang bahkan disediakan secara gratis, orang bisa melakukan banyak aktivitas hanya dengan jarinya.  seharusnya perusahaan bisa punya lebih banyak peluang dan kemudahan dalam menciptakan, mengelola, dan memanfaatkan suatu komunitas sebagai salah satu strategi untuk pemasaran.

Mengapa komunitas menjadi sangat penting di era digital ?

Selain banyaknya kemudahan ,ada juga bahaya yang mengancam, karena pada era digital aliran informasi terbuka bebas, sehingga jika perusahaan tidak punya kendali dalam hal tersebut. Bukannya tak mungkin perusahaan akan mengalami kesulitan untuk menciptakan image dan awareness yang di inginkan di pasar.

Komunitas Semakin Murah

Komunitas Semakin Murah, sumber gambar : www.stepchange.ie

Komunitas Semakin Murah

Beberapa merek terkuat dunia seperti Nike, Starbucks, Google, membangun strategi pemasarannya lewat komunitas yang membutuhkan biaya relative rendah. Ketika perusahaan focus pertama kali memenuhi kebutuhan para pelanggannya, mereka tentu tidak punya anggaran besar untuk menarik pelanggan baru.

Tapi ketika perusahaan piawai mengelola komunitas dan berhubungan baik dengan komunitasnya. mereka bahkan tak perlu riset pasar yang mahal untuk tahu yang sebenarnya di inginkan dan dibutuhkan pasarnya. seringkali juga, komunitaslah yang secara tidak langsung mampu menarik pelanggan baru untuk perusahaan.

Peluang Meningkatkan Loyalitas

Peluang Meningkatkan Loyalitas, sumber gambar : combiboilersleeds.com/

Peluang Meningkatkan Loyalitas

Semua manusia termasuk pelanggan anda ingin di mengerti dan di pahami. lewat komunitaslah salah satunya cara untuk pelanggan mendapatkan hal tersebut. Ketika perusahaan membangun komunitas secara baik maka tindakan ini bisa menciptakan keterikatan emosional antara perusahaan dan pelanggan.

Komunitas mempertahankan Otentisitas (keaslian)

Komunitas mempertahankan Otentisitas (keaslian), sumber gambar : iastrabroadcasting.com

Komunitas mempertahankan Otentisitas

Komunitas yang baik justru harusnya dapat mempertahankan faktor otentisitas suatu produk baru. Dan bisa juga untuk menjaga brand apabila ada isu, opini atau anggapan yang tidak benar tentang suatu produk atau Merek.

Segala macam produk baru juga bisa di sebarkan secara cepat dan tepat lewat komunitas yang dikelola dengan baik. Dari komunitas juga dapat suatu merek dapat menjaring ide-ide segar / baru untuk menjadi bahan bakar berinovasi. Demikian informasi mengenai Pentingnya Komunitas Di Era Digital. Membangun dan mengelola komunitas menjadi semakin penting terutama dalam zaman digital dan mobile sekarang ini.

Dan untuk kalian yang ingin mulai berbisnis makanan / waralaba makanan atau sedang mencari peluang usaha yang cocok, kami juga menyediakan artikelnya loh. Jangan lupa klik like & share ya. Salam Sukses

Sumber :
Majalah Markerting Edisi 09/XV/SEPTEMBER 2015