Pentingkah Diferensiansi pada usaha makanan??

Pentingkah Diferensiansi pada usaha makanan?? – Menjadi pengusaha adalah salah satu impian yang kebanyakan orang lain impikan. Karena dapat mempekerjakan banyak orang, jam waktu kerja tidak menentu.

gajian tidak menentu, bisa jalan-jalan tapi usahanya tetap jalan, bisa memiliki waktu dengan keluarga lebih banyk. Nah itulah kenapa jadi pengusaha sangat di impikan banyak orang.

Tapi usaha apa ya yang bagus?? Menurut mimin semua usaha itu bagus, namun tergantung siapa yang menjalankannya, seberapa banyak kamu berkomitmen di bisnis tersebut, seberapa bisa kamu membangun tim dllnya.

Dan kali ini kita berfokus pada bisnis makanan atau usaha makanan, banyak sekali brand-brand baru yang bermunculan, coba kamu sebutkan, bisnis makanan apa yang belum ada kompetiotrnya??

Pasti hampir semua bisnis makanan sudah ada yang mulai atau jual, jadi ini adalah ilmu yang sangat bagus DIFERENSIASI. Baca Juga : Ghost Kitchen atau OFFLINE Outlet??

Pentingkah Diferensiansi pada usaha makanan

Pentingkah Diferensiasi? Jawabannya sangat penting. Kenapa? Karena banyak sekali competitor diluar sana yang menjual produk yang sama dengan yang kamu punya jadi kamu harus memiliki pembeda yang cukup baik daripada competitor.

Contohnya, semua orang jual pecel ayam, tapi kamu jual pecel ayam dengan 7 variant sambal. Kira-kira konsumen akan lebih tertarik yang mana? Pasti brand kamu dong.

Contoh lagi semua orang jual ketoprak, tapi di tempat kamu jual ketoprak dengan varian saus nusantara, contohnya.

Hanya dengan itu brand kamu lebih cepat di ingat dan pilihan konsumen untuk membeli produk kamu lebih tinggi. Tapi kamu juga harus fokus pada kualitas semua bahan dan variasi menu kamu, jangan menjadi pembeda tapi secara rasa kurang baik.

Maka bisa dipastikan konsumen hanya memesan sekali dan tidak melakukan repeat order di usaha makanan kamu, itu lebih berbahaya hehe. Baca Juga : Mengelola Operasional Outlet Agar Efisien

Cukup buat 1 pembeda saja,agar lebih menarik dan tidak buat kamu pusing. Hal simple lagi contohnya, produk kamu lebih banyak porsinya dari yang lain, atau lebih murah dari yang lain, atau lebih bagus packagingnya dari yang lain. Dengan hal seperti itu saja konsumen akan aware dengan produk atau bisnis makanan kamu loh.

Jadi kesimpulannya, Fokuslah pada Diferensiasi atau pembeda dari brand lain tapi tidak melupakan kualitas produk dan aspek lainnya.

Semoga bermanfaat dan terus semangat dalam mengelola bisnis kamu !