Mengenal Makanan Pokok Orang Jepang – Makanan khas Jepang terdiri dari semangkuk nasi (gohan), semangkuk sup miso (miso shiru), acar sayuran (tsukemono) dan ikan atau daging. Sama dengan di Indonesia, beras adalah makanan pokok orang-orang jepang. Beberapa jenis mie (udon, soba dan ramen) biasanya dijual dengan harga murah dan sangat populer sebagai makanan ringan bahkan di indonesia ramen juga dijadikan sebagai waralaba makanan sama seperti takoyaki yang dijadikan waralaba takoyaki. Sebagai negara kepulauan, Jepang sangat bangga dengan makanan laut mereka. Berbagai macam ikan, cumi-cumi, gurita, belut, dan kerang biasanya muncul di semua jenis hidangan Jepang, mulai dari sushi hingga tempura. Ingin mengenal makanan pokok orang jepang ? berikut kami lampirkan informasinya.

Mengenal Makanan Pokok Orang Jepang

beras jepang daddys takoyaki

Beras Jepang, sumber gambar : japanesestation.com

Nasi

Nasi  dengan tekstur Lengket dengan bulir beras yang pendek  adalah makanan pokok di Jepang. beras ini disebut Kome (orang Indonesia biasanya menyebutnya beras jepang). di Jepang budidaya padi di sawah tradisional diperlukan kerjasama yang besar antar penduduk desa dan konon katanya berkat kerja sama inilah yang mengevolusi budaya Jepang.

Baca informasi tentang ” Memulai Bisnis Makanan Jepang di Indonesia

Ada ribuan varietas beras yang ditanam di Jepang. dan yang terkenal & paling popular adalah varietas beras jenis Koshihikari dan Akita Komachi. DiJepang Beras juga digunakan untuk membuat mochi (kue beras), Senbei (kerupuk beras) dan sake (arak beras). beras juga bisa dimasak dengan kacang merah (sekihan), makanan laut dan sayuran (Takikomi gohan) atau dibuat sebagai bubur cair lalu dibumbui dengan garam (kayu) dan sangat populer sebagai obat demam.

Beras dijepang juga biasa dibuat menjadi onigiri, onigiri adalah nasi dengan seafood atau sayuran di tengah-tengahnya dan biasanya dibungkus dalam sepotong rumput laut kering (nori).

Onigiri biasanya dimakan untuk makan siang atau sebagai bekal saat pergi piknik.

udon jepang daddys takoyaki

Mie Udon, sumber gambar : nihongono.com

Mie (Udon dan soba)

Udon dan Soba merupakan mie yang terbuat dari tepung terigu. Mereka direbus dan disajikan dalam kaldu, biasanya disajikan saat panas tapi kadang-kadang disajikan dengan kondisi dingin pada saat musim panas. Udon yang diatasnya ditaburi dengan bahan-bahan seperti telur mentah adalah udon Tsukimi, dan jika diatasnya ditaburi dengan tahu goreng aburage biasanya untuk membuat udon Kitsune.

Soba adalah mie, yang lebih tipis dan mempunyari warna yang lebih gelap daripada udon. Soba biasanya disajikan dingin (Zaru soba). Biasanya ditambah dengan saus, irisan daun bawang dan wasabi. Ketika disajikan dalam kondisi panas dikenal dengan kake soba.

mie ramen daddys takoyaki

Mie Ramen, sumber gambar : resepdanmasakan.com

Mie (Ramen)

Ramen adalah mie telur yang tipis, dan selalu disajikan dalam kaldu panas dibumbui dengan shoyu atau miso. Diatas ramen biasanya ditaburi dengan berbagai bahan seperti irisan daging babi panggang (chashu), tauge (Moyashi), jagung dan mentega. Ramen sangat populer di seluruh Jepang dan berbagai daerah,  karena disetiap daerah ramen memiliki variasi yang berbeda-beda. Contohnya adalah Ramen Jagung-mentega di Sapporo dan Tonkotsu Ramen di Kyushu.

Ramen instan (merek yang paling terkenal adalah Pot Noodles), dimana anda hanya menambahkan air panas, adalah ramen yang paling populer dalam beberapa tahun terakhir.

Baca informasi tentang  ” Mitra Bisnis adalah Media Peluang Sukses

yakitori jepang daddys takoyaki

Yakitori, sumber gambar : japanesestation.com

Seafood & Daging

Orang Jepang mengkonsumsi lebih banyak ikan dibanding negara-negara barat. dan ini jugalah yang menjadi faktor kenapa orang-orang dijepang sangat jarang terkena penyakit jantung dibanding dengan orang-orang barat. Di Jepang  makanan laut dimakan dalam bentuk bentuk apapun. Mulai dari sushi mentah dan sashimi.

Banyak orang luar terkejut, karena baru mengetahui jika mengkonsumsi daging merupakan hal ilegal di Jepang. hingga sampai larangan tersebut dicabut selama Restorasi Meiji pada 1870-an.

Sebagai negara yang terbuka untuk budaya barat, kebiasaan makan juga mulai berubah. Sekarang daging menjadi bagian dari diet orang-orang Jepang  sehari-hari. Dan varian menunya juga semakin banyak, seperti yakitori (ayam panggang), yakiniku (barbeque Korea), gyudon (beef bowl).

natto jepang daddys takoyaki

Natto, sumber gambar : anibee.tv

Produk Berbahan Kedelai

Mengenal Makanan Pokok Orang Jepang yang terakhir adalah produk berbahan dasar kedelai. Biasanya di Jepang kedelai (daizu) digunakan untuk membuat berbagai macam makanan dan perasa. Kedelai dan beras biasa digunakan untuk membuat miso. dan pasta kedelainya digunakan sebagai penyedap sup dan mengasinkan ikan. Bersamaan dengan kecap (shoyu), miso juga menjadi dasar dari masakan Jepang.

Tofu (tahu) adalah panganan berbahan dasar kacang kedela dengan sumber protein yang tinggi, tentu juga sangat populer, terutama bagi orang-orang vegetarian. Akhir-akhir ini, dijepang donat juga dibuat dengan bahan dasar tahu dan juga adalagi es krim yang terbuat dari tahu.

Natto adalah kedelai yang difermentasi. Merupakan salah satu makanan yang paling sehat,dan juga menjadi menu yang paling terkenal. Banyak orang juga tidak suka dengan natto, karena memiliki bau yang menyengat dan lengket serta teksturnya yang seperti benang jika ditarik. di Jepang sendiri juga banyak yang menyukainya atau bahkan membencinya.

Biasanya natto disajikan dengan bawang cincang dan telur mentah lalu dicampur ke dalam semangkuk nasi.

nah jika kalian tertarik untuk mulai berbisnis makanan. makanan tersebut juga bisa kalian jadikan peluang usaha yang menarik loh. Sekian informasi mengenai Mengenal Makanan Pokok Orang Jepang jika merasa bermanfaat jangan lupa klik like & share ya. Suka Baca tentang Jepang? Baca juga Artikel Tentang ” Rahasia Makanan Jepang yang membuat Umur Panjang

Di edit dan di terjemahkan oleh Daddys Management.
sumber : https://www.japan-zone.com/culture/food.shtml