Mengelola Operasional Outlet Agar Efisien

Mengelola Operasional Outlet Agar Efisien – Semua bisnis membutuh kan effort yang sangat besar, apalagi saat kamu memulai bisnis dari nol dan hanya sendiri tidak ada staff dan partner.

Itu sangat amat melelahkan kamu harus memikirkan dari mulai pembuatan Logo sampai dengan Produk kamu diterima dengan baik oleh konsumen.

Namun tidak semua kegiatan akan dilakukan setiap hari, seperti contoh pembuatan logo, design outlet, pembelian peralatan dll kegiatan tersebut hanya dilakukan 1 kali.

Kecuali, apabila ada perubahan konsep atau pergantian peralatan karena sudah rusak, namun itu tetap tidak akan dilakukan setiap hari. Baca Juga : Waralaba Takoyaki Terlaris di Jakarta Hubungi 0812-1276-4874

Namun ada 1 kegiatan yang benar2 akan kamu lakukan setiap hari. Yaitu Mengelola Operasional Outlet, setelah usaha makanan kamu berjalan dan memiliki karyawan kamu harus membuat sistem operasional sebaik mungkin agar tidak ada kecurangan dari karyawan.

Dan kita sebagai pemilik bisnis pasti tidak 1×24 jam berada di outlet, karena banyak kegiatan yang harus dilakukan.

Kali ini mimin akan kasih kamu tau beberapa hal bagus untuk kamu terapkan di usaha makanan kamu agar menguntungkan dan efisien.

Mengelola Operasional Outlet Agar Efisien

1. Training Staff

Buatlah SOP cara memasak dalam bentuk video sampai dengan buku tertulis untuk di ajarkan ke karyawan,dan buku tersebut tempelah di outlet agar setiap kali staff memasak tidak salah langkah dan standar rasa terjaga.

Dan juga SOP panduan ini bisa di berikan kepada staff baru apabila tiba-tiba staff lama keluar atau mengundurkan diri.

2. Stockist Bahan baku

Usahakan di outlet sebaiknya ada tempat penyimpanan yang bagus, seperti kulkas dan freezer, gunanya untuk apa? Agar semua bahan makanan kita tetap fresh dan kamu tidak perlu setiap hari datang ke outlet untuk stock bahan baku karena sudah ada penyimpanan. Tapi tetap datanglah ke outlet 2 atau 3 hari sekali untuk controlling dan ambil uang omset.

3. Gunakan CCTV

Sangat penting untuk menggunakan cctv ini, karena dengan cctv ini kamu dapat selalu memantau keadaan outlet setiap waktu. Karena kamu tidak akan tau apabila tidak menggunakan cctv staff kamu keluar outlet selama berjam-jam kan?dan di cctv ini pastikan ada speaker nya, jadi kita bisa berbicara lewat cctv dan memberikan instruksi langsung kepada karyawan. Baca Juga : 5 Tips Membuka Cabang Kuliner

4. Mesin kasir

Gunakanlah mesin kasir portable untuk semua transaksi yang dilakukan, karena kita sebagai pemilik bisnis harus meminimalisir kecurangan karyawan yang terjadi di outlet.

5. Cek secara manual

Lakukan lah checking bahan baku maupun absensi staff secara manual, gunanya agar kita dapat melihat apakah sales atau penjualan sebanding dengan bahan baku yang digunakan.

Nah segitu dulu ya yang bisa mimin kasih tau sama kamu, agar operasional outlet kamu bisa lebih baik lagi. Semangat dan sukses selalu untuk usaha makanan kamu.