Membangun Bisnis dari Nol

Membangun bisnis dari nol – Bukanlah hal yang tabu lagi untuk menjadi pengusaha di zaman sekarang. Dulu semua orang selalu mengatakan , mau jadi apa kamu di masa depan? Mereka akan menjawab Dokter, Polisi, PNS dll nya jarang sekali yang menyebutkan untuk menjadi seorang pengusaha.

Tapi sekarang di saat Teknologi semakin canggih dan banyaknya pengusaha sukses yang terekspose, semua orang hampir ingin bercita-cita menjadi pengusaha. Apalagi pengusaha kuliner atau usaha makanan, disamping bergengsi bisnis yang satu ini terbilang dapat menghasilkan pundi2 uang yang sangat banyak. Baca Juga : Usaha Franchise Menjanjikan Untuk Pemula

Namun tidak semua orang bisa sukses di bisnis kuliner atau usaha makanan. Banyak juga yang gagal, dan salah satu faktornya adalah karena minimnya ilmu. Mereka hanya berfokus pada nekat namun tidak disertai ilmu yang memumpuni. Akhirnya dalam perjalanan bisnisnya mereka akan tumbang dengan masalah-masalah yang ada.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi mimin akan kasih tau ke kamu beberapa tips dalam membangung bisnis kuliner dari nol.

Membangun bisnis dari nol

1. Belajarlah

Salah satu hal yang sangat mendasar untuk kamu yang ingin memulai bisnis kuliner dari awal adalah dengan belajar, memperkaya ilmu agar tidak jatuh di semua lubang kesalahan saat kamu memulai bisnis kuliner. Tidak perlu lama-lama untuk belajar 1-2 bulan saja sudah cukup untuk mempelajarinya, bisa dari seminar, buku dan youtube. Saat ini semua ilmu sudah bisa di akses secara gratis.

2. Produk

Pilihlah produk yang bukan produk musiman, pastikan yang sudah pasti laku dipasaran, dan bahan baku mudah di temukan. Terlalu aneh produk yang kamu ciptakan, besar resiko kerugian yang bisa kamu ambil. Karena kamu butuh effort untuk edukasi ke semua consumen yang kamu akan tuju.

Tapi kalo kamu jual pecel ayam atau bakso, semua orang sudah tau tentang produk itu. Jadi kamu tidak perlu susah-susah untuk edukasi produk apa yang kamu jual.

3. Nama Brand

Pilihlah nama brand yang mudah di ingat, semakin mudah nama brand kamu di ingat semakin cepat brand kamu akan di kenal oleh masyarakat. Jangan beri nama yang di baca saja susah, bagaimana mau mengungatnya??
yang penting buatlah logo yang menarik kemudian nama yang simple. Oke? Baca Juga : Peluang Usaha Makanan Menguntungkan di Bekasi Hubungi 0812-1276-4874

4. Be Different

Kamu tidak akan menemukan 1 macam makanan yang belum sama sekali orang jual, jadi produk apapun yang kamu pilih pasti sudah ada yang memulainya sebelum kamu. Jadi pastikan kamu punya pembeda dalam produk kamu ya, biar orang lebih tertarik dan lebih memilih brand kamu daripada brand orang lain.

5. Digital marketing

Untuk menggarab konsumen kamu lebih luas pastikan bisnis kamu di pasarkan di sosial media ya, minimal buatlah Facebook dan instagram agar konsumen tau tentang apa yang kamu jual.

6. Daftar aplikasi Online

Sebelum outlet mu beroperasi pastikan aplikasi online sudah disiapkan, agar saat opening Go food dan Grab food kamu sudah Live di aplikasi, karena untuk saat ini penjualan online bisa sangat membantu usaha makanan kamu .

Tapi pastikan foto dan konten di aplikasi di buat semenarik mungkin ya, agar konsumen percaya dengan produk yang kamu jual.

Oke deh segitu aja tips yang bisa mimin kasih, yang terpenting lakukan controlling secara berkala jangan mudah percaya dengan staff. Pastikan semua standart di outlet kamu sudah benar-benar sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Semoga bermanfaat masukan dari mimin ya.. sukses terus buat usaha kamu.