Kenapa Harus Bisnis Waralaba?

Kenapa Harus Bisnis Waralaba? – Diluar sana banyak sekali perdebatan mengapa harus mengambil franchise atau Bisnis waralaba padahal bila kita mulai bisnis dari nol, untungnya bisa lebih banyak? Gaperlu selalu mengikuti kemauan Franchisor, Banyak peraturan, kreativitas terbatas dll nya.

Nah ini adalah alasan mengapa pengambilan bisnis franchise masih sangat di rekomendasikan :

SOP ( Standart Operasional Prosedure )

Standart inilah yang sebenarnya sangat berpengaruh mengapa kita harus mengambil bisnis Franchise, biasanya apabila kita memulai bisnis dari awal atau dari nol kita harus benar-benar memikirkan SOP outlet. baca juga : Bisnis Kuliner Masih Menjadi Bisnis Menguntungkan

Mulai dari pembuatan Logo, konsep outlet atau bisnis, Branding sosmed, Foto Produk, design menu dan design promo ,menghitung Harga modal, menghitung harga jual, memastikan kalau rasa produk harus sama, bagaimana cara beriklan, mengurus penjualan online dll.

Nah pernyataan atau beberapa hal yang udah mimin tulis diatas itu sangat-sangat menguras uang dan waktu yang kita punya, dan biasanya pemilik bisnis atau pebisnis pemula kebanyakan tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk test and learn kegiatan diatas.

Kenapa Harus Bisnis Waralaba?

Kita ambil contoh buat logo? Bila kita tidak bisa mendesign artinya kita harus membayar designer untuk minta untuk buatkan design yang cocok sesuai dengan visi, produk dan targeting si konsumen untuk nantinya.

Konsep outlet? Kita harus design lagi mau booth seperti apa, visual di outlet nya mau seperti apa, kemudian cari vendor booth dimana, bagaimana dengan kualitasnya, setelah buat kualitas tidak sesuai, cat nya kurang bagus dll , itu juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencari nya.

Branding sosmed? Biasanya diawal bisnis, kita sudah sibuk dengan kegiatan operasional dan persiapan outlet, dengan kesibukan itu kita sampai lupa kalo branding di sosmed juga sangat penting untuk menginformasikan produk dan brand kita untuk mereka tau dan dengan harapan akan membeli produk kita.

Kenapa harus bisnis waralaba

 

Design menu? Bisa saja kita bisa buat design cukup dengan Microsoft word dan print, tapi apakah itu saja cukup? Apakah designnya sudah menarik? Hal yang kecil ini saja sudah menjadi pertimbangan konsumen membeli suatu produk, karena konsumen akan memilih produk atau brand yang menarik untuk dia lirik dan beli.

SOP Produk? Diawal bisnis pasti masalah ini akan muncul, rasa yang suka berbeda, penyimpanan produk yang masih meraba, kira2 tahan berapa lama ya. Kemudian bila ganti karyawan, beda lagi rasanya. Hal ini pun juga harus kita pikirkan dari awal saat memulai bisnis. Baca Juga : Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Nah ini beberapa hal yang harus kamu tau, untuk memilih kira-kira mau mulai bisnis dari nol atau ambil franchise atau waralaba ya? Saran mimin, kalo memang kamu punya waktu banyak, uang test and learn juga  skill yang memumpuni, better kamu bisa memulai bisnis dari nol.

Tapi bila kamu tidak punya hal tersebut, mengambil Franchise atau bisnis waralaba adalah yang terbaik, karena kamu hanya fokus pada kegiatan outlet operasional harian dan memastikan kalo outlet kamu punya omset dan penjualan yang baik.

Oke deh, segitu aja ya masukan dari mimin. Apapun keputusan kamu, BERJUANG dan BERDOA lah yang paling penting.. SEMANGAT ya semuaaa ..mimin pamit 🙂