Ikebana Seni Merangkai Bunga dari Jepang

Ikebana Seni Merangkai Bunga dari Jepang – Ikebana adalah seni kuno Jepang tentang bagaimana mengatur, memotong batang, daun, serta bunga dalam wadah atau kontainer. Jika anda tertarik, ikebana sendiri bisa anda jadikan sebagai hobi yang menghasilkan anda di masa depan. Pada awalnya ikebana merupakan sebuah persembahan ritual ajaran budha yang berupa meletakkan bunga di atas altar budha dengan cara yang belum tertata dan hanya meletakkan bunga saja.

Ikebana Seni Merangkai Bunga dari Jepang

rangkaian bunga ikebana

Rangkaian Ikebana by Desiree Castelijn | Ikebana Beautiful

Tapi pada abad ke-10 pimpinan dari kuil budha mulai memberikan bimbingan dan wadah dalam seni ikebana ini, sehingga bunga yang akan di persembahkan menjadi lebih tertata dan mempunyai arti, setelah abad ke-15 seni ikebana pun mulai lebih dikenal bukan hanya untuk persembahan tetapi juga menjadi budaya dalam masyarakat Jepang.

Banyak teknik yang harus dikuasai untuk menyusun batang dan bunga untuk memenuhi standar Ikebana yang baik.Tiga sampai lima tahun belajar, kadang diperlukan keseriusan  untuk benar-benar menguasai keterampilan teknis dan estetika Ikebana.

Baca informasi tentang ” Usaha Waralaba Makanan Modal Kecil

Sudah hampir 700 tahun Ikebana dipraktikkan. Dalam waktu itu telah berkembang pula beberapa gaya yang berbeda.

Seni ikebana terbagi menjadi 3 gaya yang berbeda :

  1. Rikka : gaya dari ikebana jenis ini adalah gaya formal dan masih tradisional, biasanya dipergunakan dalam upacara keagamaan.
  2. Shoka: shoka masih mememiliki gaya yang tradisional tapi tidak terlalu formal layaknya gaya Rikka, gaya ini lebih menfokuskan dalam bentuk asli tanaman tersebut.
  3. Jiyuka: yang membedakan dari yang lain adalah gaya jiyuka lebih bebas tergantung dari keinginan dan imajinasi dari perangkai ikebana itu sendiri.

Ikebana secara tradisional, umumnya ditampilkan di ruang tamu dimana pemilik rumah menerima tamu-tamu mereka. Seiring perkembangan jaman, bunga Ikebana bisa dijumpai di lobi bangunan publik atau komersial. Pemilihan bunga sangat penting dalam ikebana. Bunga harus dipilih dengan cermat dan mesti dapat berpadu dengan wadah atau vasnya. Ketika memilih bunga, perangkai harus mempertimbangkan musim. Bunga, vas dan, musim harus benar-benar kompatibel.

Alat Untuk Merangkai Ikebana

Dalam merangkai ikebana pun peralatan yang digunakan termasuk sederhana yang diperlukan adalah :

Hasami

1. Hasami (Gunting)/alat pemotong dahan/bunga.

kabin atau vas untuk ikebana

2.Kabin adalah vas/tempat untuk merangkai, biasanya disesuaikan oleh musim yang ada di Jepang dalam pemilihan Jenis vas.

Baca juga Informasi ” Mitra Bisnis Rumahan Terbaru

Utsuwa untuk ikebana

Utsuwa untuk ikebana

3.Utsuwa merupakan wadah kecil yang digunakan untuk tempat Kenzan/air jika vas berupa anyaman.

air bersih

air bersih

4.air bersih digunakan untuk menjaga kesegaran tanaman/bunga.

kenzan untuk ikebana

kenzan untuk ikebana

5.Kenzan yang berupa besi berpaku yang berguna sebagai pemberat sekaligus tempat peletakan bunga/tanaman yang akan digunakan.

Ikebana Seni Merangkai Bunga dari Jepang

Rangkaian Ikebana by Desiree Castelijn | Ikebana Beautiful

6.Tanaman/ bunga yang akan digunakan, untuk ini biasanya yang dipergunakan adalah tanaman atau bunga yang masih segar.

Tidak seperti desain seni merangkai bunga di barat, dimana bunga biasanya disusun berlapis, Ikebana menekankan pemakaian bunga dengan jumlah daun yang minimal untuk menampilkan kesan sederhana namun elegan.

Seiring perkembangan waktu, ada pula gaya Ikebana yang terpengaruh seni merangkai bunga di barat. Gaya ini disebut sebagai Hanaisho. Meskipun berbagai jenis bunga digunakan dalam satu desain, dalam Ikebana bunga tidak disusun menumpuk untuk menciptakan keseimbangan.

lukisan ikebana

lukisan ikebana

Ikebana mengutamakan keselarasan dengan alam, kesederhanaan, sekaligus desain yang elegan.

Demikian informasi mengenai Ikebana Seni Merangkai Bunga dari Jepang dari kami Dan untuk kalian yang ingin membaca artikel tentang jepang Baca Budaya Seni Teater Masyarakat Jepang

*dikutip dari berbagai sumber.