Harus Dihindari Saat Berbisnis Waralaba

Harus Dihindari Saat Berbisnis Waralaba – Membeli sebuah bisnis waralaba dapat menghasilkan kesuksesan yang besar atau bahkan kegagalan yang menyedihkan, semua tergantung pada bagaimana Anda menjalankan bisnis waralaba tersebut, dan apakah Anda membuat keputusan yang tepat.

Beberapa bisnis waralaba memiliki program pelatihan dan dukungan operasional yang sangat baik, sementara waralaba lain terkadang kekurangan komitmen dan sumber daya yang memadai. Baca juga : 7 Keuntungan Berbisnis Franchise

Harus Dihindari Saat Berbisnis Waralaba

Selain itu, konsep waralaba tertentu akan sangat cocok dengan keahlian dan kekuatan tertentu yang Anda miliki dan mungkin dapat berkontribusi pada kesuksesan Anda.

Berikut beberapa kesalahan umum yang harus dihindari saat membeli waralaba:

1. Tidak mencari pilihan bisnis yang lain.

Saat melihat peluang waralaba, orang dengan mudah tertarik pada daya pikat merek terkenal dan besar, dan sering melewatkan peluang bisnis kecil yang bisa jadi lebih murah, tetapi tetap memiliki kinerja keuangan yang kuat.

Banyak waralaba kecil yang jauh lebih murah daripada waralaba berkonsep restoran dan ritel, dan mungkin masih dapat memenuhi tujuan bisnis Anda.

2. Tidak melakukan riset pasar secara tepat

Setelah Anda menemukan waralaba yang cocok, mungkin anda akan menjadi sangat bersemangat dan akan terburu-buru melakukan riset pasar.

Beberapa waralaba mungkin terlihat bagus dari luar, tetapi mungkin tidak seperti yang terlihat setelah Anda menyelidikinya secara menyeluruh dan berbicara dengan pewaralaba lain yang ada untuk melakukan riset pasar.

franchisee yang lain dapat memberi Anda informasi dan wawasan langsung, termasuk realitas dalam menjalankan waralaba dan tugas sehari-hari yang akan anda lakukan, serta evaluasi yang realistis tentang keefektifan pelatihan, dukungan, dan sistem pemilik waralaba. Baca juga : 8 Tips Membangun Bisnis Makanan Untuk Pemula

Saat mencari tahu tentang waralaba tersebut, Anda harus berbicara dengan setidaknya sekitar 10 pewaralaba yang berbeda, dan menyertakan berbagai pelaku bisnis papan atas, menengah, dan bawah untuk mendapatkan gambaran umum yang beragam.

3. Menyepelekan Arus Kas

Sangat penting untuk disadari bahwa bisnis yang anda bangun tidak akan langsung menghasilkan keuntungan begitu saja.

Seringkali, tidak ada keuntungan yang dihasilkan dalam 18 bulan pertama. Setiap waralaba memiliki perhitungan waktu yang berbeda dalam mencapai BEP, sebelum akhirnya mulai menghasilkan keuntungan.

Anda akan membutuhkan modal kerja yang cukup, tidak hanya modal untuk menutupi biaya operasional, tetapi juga pengeluaran pribadi Anda sendiri.

Terlalu banyak orang yang jatuh cinta dengan peluang waralaba yang pertama kali mereka tanyakan, dan tidak melihat-lihat apa lagi yang tersedia, sehingga mereka tidak dapat membandingkan berbagai konsep, dan memastikan waralaba pilihan mereka paling cocok untuk mereka.

4. Membuat keputusan dengan informasi yang tidak memadai

Anda harus memastikan bahwa Anda mengumpulkan informasi yang cukup tentang peluang waralaba sebelum membuat keputusan tentang membelinya.

Melakukan riset pasar akan memastikan bahwa Anda membuat keputusan yang tepat sebelum menginvestasikan sejumlah besar uang, waktu dan energi ke dalam bisnis, dan bahwa Anda telah membandingkan secara menyeluruh semua opsi bisnis yang Anda inginkan.

5. Tidak memahami potensi penghasilan

Sangat penting untuk memperjelas tentang potensi penghasilan dari setiap waralaba yang Anda beli. Pastikan Anda memiliki kejelasan tentang angka perdagangan yang solid, dan bukan hanya perkiraan.

Bicaralah dengan franchisee yang ada untuk mengetahui bagaimana pendapatan aktual mereka dibandingkan dengan proyeksi pendapatan Anda.

6. Tidak ada perencanaan bisnis

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Berbisnis Waralaba makanan takoyaki jepang atau waralaba lainnya adalah tidak adanya perencanaan bisnis. Hanya karena Anda mempertimbangkan untuk membeli waralaba dengan sistem dan prosedur yang ada, bukan berarti Anda tidak memerlukan rencana untuk bisnis Anda.

Rencana bisnis akan membantu Anda tetap pada jalurnya dalam hal apa yang perlu Anda lakukan dan bagaimana Anda berencana melakukannya.

Anda juga harus yakin tentang waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat waralaba Anda sukses.

Dengan menghindari jebakan yang umum ini, mungkin Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dengan waralaba pilihan Anda.