Ghost Kitchen atau OFFLINE Outlet??

Ghost Kitchen atau OFFLINE Outlet?? – Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang paling menarik dan sangat digemari oleh banyak orang.Karena semua orang butuh makan jadi bisnis ini tidak akan pernah mati sampai kapanpun, asal kita tau cara membangun bisnisnya dan memilih produk yang benar.

Tidak sedikit juga usaha makanan harus gulung tikar disaat pandemic seperti ini, dan banyak juga yang masih survive dan terus berjuang agar bisa keluar dari kondisi seperti ini.

Banyak brand besar pun yang masuk ke mall harus gulung tikar karena tidak adanya konsumen yang datang ke mall. Dan Yang menjadi perbincangan akhir-akhir ini adalah apakah bisnis kuliner dengan outlet konvensional tidak lebih bagus dengan bisnis online atau Ghost kitchen? Baca Juga : Mengelola Operasional Outlet Agar Efisien

Baik mari kita coba bedah masing-masing bisnis model ini, tapi ini dari sudut pandang mimin yaa. Jadi kalo ga sependapat jangan marahin mimin. Hehe

Ghost Kitchen atau OFFLINE Outlet??

1. Outlet konvensional

Model bisnis ini tahun lalu sangat prospek tinggi, karena kebanyakan semua orang ingin kulineran dengan story sendiri, seperti tempat hangoutnya bagus,nyaman, ada wifi nya, banyak colokan, banyak spot fotonya dll.

Tapi di tahun ini, yang menjadi kekurangan di konsep bisnis ini adalah saat pandemic bisnis kebanyakan banyak yang harus gulung tikar dikarenakan tidak adanya pengunjung, dan bila hanya jual online harga jual produk terlalu mahal dikarenakan sewa dan operasional tinggi.

Jadi pemilik bisnis harus mulai lebih kreatif untuk cari revenue lain agar bisa menutupi biaya operasionalnya. Dan salah satu caranya dengan menjual produk nya menjadi frozen. Dan harus bersaing di penjualan online.

Kelebihannya apabila bisnis ini mampu bersaing di penjualan online dan bila pandemic ini sudah tidak ada bisa dipastikan bisnis kuliner ini akan bertahan lama karena sudah dapat bersaing secara konvensional dan online.

2. Ghost kitchen

Untuk konsep usaha makanan seperti ini kelebihannya adalah kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk dekorasi tempat dan sewa lokasi yang mahal juga beli peralatan yang memadai cukup gunakan peralatan dapur rumah anda. Namun pastikan bisnis kamu benar-benar melakukan penjualan di online. Baca Juga : Waralaba Takoyaki Terlaris di Jakarta Hubungi 0812-1276-4874

Aktif di sosmed, mengikuti semua promo aplikasi online,berikaln untuk penjualan online dan membangun branding yang baik di onlinenya.

Namun kekurangannya konsumen tidak memiliki pengalaman makan di resto kamu, jadi pastikan semua tampilan packaging dan makanan kamu benar2 sudah sangat baik saat diterima konsumen. Agar kesan yang di berikan oleh brand kamu bagus dimata konsumen.

Kesimpulannya menurut mimin, untuk saat ini lebih kecil resiko untuk kamu memulai bisnis Ghost kitchen atau menjalankan peluang usaha makanan rumahan, namun kamu juga harus memikirkan untuk bisnis jangka panjang kamu setelah covid atau pandemic ini selesai. Konsep bisnis apa yang akan kamu lalui untuk berkembangnya bisnis kamu.

Tapi ingat kamu jangan mengambil kesimpulan hanya dari 1 artikel saja yaa, bacalah artikel sebanyak mungkin dan ambilah step yang menurut kamu yang paling baik di bisnis kamu.