Franchise Waralaba Makanan Jakarta Berkembang Dengan Pesat

Franchise Waralaba Makanan Jakarta – Saat ini bisa dibilang Franchise Waralaba Makanan di Jakarta sedang berkembangan dengan pesat. Terbukti dengan makin banyaknya usaha kuliner yang menjamur di seluruh wilayah ibu kota. Kenapa bisa begitu ? Bisa dibilang hal ini semakin berkembang karena berdasarkan data dari BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif Indonesia) struktur pasar kuliner di Indonesia memiliki barrier entry yang rendah, pelaku usaha dapat masuk ke industri ini dengan mudah.

Terlebih lagi jika anda bekerjasama dengan perusahaan / sebuah usaha yang menyediakan fasilitas franchise waralaba makanan. Tentunya terjun kedunia kuliner akan sangat mudah.

Franchise Waralaba Makanan Jakarta

Buat yang belum tau pengertian franchise, Berdasarkan peraturan pemerintah no.16 tahun 1997 franchise atau waralaba merupakan perikatan ketika salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan/atau menggunakan Hak dari Kekayaan Intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Kesimpulannya, franchise merupakan hak atas sebuah usaha dimana anda bisa ikut bergabung, berjualan serta memiliki usaha tersebut dimana anda harus membayarkan sejumlah uang kepada pemilik franchise untuk menggunakan merk serta SOP mereka.

Masih berdasarkan data dari BEKRAF, ada beberapa indikator yang membuat bisnis kuliner memiliki barrier entry yang rendah, Yaitu :

  1. Modal yang tidak terlalu besar.
  2. Perizinan yang bisa dibilang mudah.
  3. proses bisnis yang tidak terlalu rumit.

Semua hal ini ditunjukan dengan tingginya pertumbuhan usaha kuliner yaitu 1.48% dibanding dengan laju rata-rata industri lain yang hanya mampu mencapai nilai 0.98%.

Dan tentunya data diatas bisa dijadikan acuan mengapa perkembangan bisnis franchise waralaba di Jakarta atau Indonesia berkembang dengan pesat. Di Jakarta ada banyak sekali jenis franchise waralaba makanan yang bertaburan, seperti Daddys Takoyaki, Kebab Turki Baba Rafi, Tahu Jeletot Taisi, Wafflelicious dll.

Tips Mencari Franchise Waralaba Makanan Terbaik Di Jakarta

waralaba makanan di jakarta yang sedang berkembangDalam membuka usaha franchise anda harus tau dulu seluk beluk perusahaan / pangsa pasar kuliner tersebut, jangan hanya karena mereka berhasil membuka cabang banyak, kemudian anda ikut bergabung dengan mereka dan menyatakan kalau makanan mereka digemari masyarakat.

Dalam membuka franchise, terlebih dahulu anda harus memiliki lahan dan staff untuk berjaga, kemudian anda harus membaca pola konsumsi cemilan masyarakat didaerah tersebut, apakah mereka suka dengan cemilan yang unik seperti takoyaki atau kebab, atau apakah mereka suka dengan cemilan khas Indonesia seperti gorengan.

Kemudian, anda harus tau berapa biaya harga pokok penjualan dari masing-masing franchise untuk mendapatkan perkiraan harga jual produk tersebut, yang kemudian harga jual ini juga akan membantu untuk menutupi beban gaji karyawan, listrik, serta lokasi tempat anda berjualan. Tentu hal ini akan sangat penting guna mempertahankan usaha franchise anda.

Berikutnya anda harus tau, apakah pihak franchisor akan membantu anda dalam promosi produk milik anda ataupun tidak. Karena hal ini akan sangat berguna, karena biasanya pihak franchisor memiliki fasilitas penting dimana akan membantu meningkatkan penjualan masing-masing mitra. Ada pihak franchisor yang memberikan fasilitas promosi ini secara gratis, ada juga yang harus membayarkan sejumlah nominal uang.