Dasar Dasar Bisnis Franchise dan Keuntungannya

Dasar Dasar Bisnis Franchise – Jika membeli sebuah bisnis yang sudah stabil kedengarannya sangat tidak cocok untuk Anda, dan memulai bisnis dari awal terdengar agak menakutkan, Anda mungkin cocok untuk membeli sebuah lisensi kepemilikan waralaba, baik waralaba makanan atau waralaba lainnya.

Dasar Dasar Bisnis Franchise

Apa itu waralaba dan bagaimana Anda tahu apakah bisnis ini cocok untuk anda? Pada dasarnya, Franchisor (Pemilik Waralaba) membayar biaya awal dan royalti berkelanjutan kepada pemilik waralaba.

Sebagai imbalannya, penerima waralaba mendapatkan hak penggunaan merek dagang, dukungan berkelanjutan dari pemilik waralaba, dan hak untuk menggunakan sistem pemilik waralaba dalam menjalankan bisnis dan menjual produk atau jasanya.

Selain keuntungan melalui nama brand yang terkenal, membeli sebuah waralaba menawarkan Anda banyak keuntungan lain yang tidak tersedia bagi para pengusaha yang memulai bisnis dari nol. Baca juga : Alasan Waralaba Bisnis Terbaik

Mungkin yang paling penting adalah Anda mendapatkan sistem operasional dan pelatihan.

Franchisee yang baru saja berbisnis waralaba, dapat menghindari banyak kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pengusaha pemula.

Itu semua berkat franchisor yang telah menyempurnakan standard operasional harian untuk para franchisee melalui trial and error selama bertahun tahun.

Franchisor yang terkenal juga melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum menjual franchisenya untuk para franchisee, sehingga Anda akan merasa lebih yakin bahwa ada permintaan untuk produk atau layanan tersebut diwilayah Anda.

Gagal melakukan riset pasar yang memadai adalah salah satu kesalahan terbesar yang biasanya dilakukan oleh pengusaha. Franchisor juga memberikan Anda gambaran yang jelas tentang persaingan dan cara membedakan diri Anda dari mereka.

Franchisee akan menikmati keuntungan kekuatan dari luar dan dalam. Anda akan mendapatkan keuntungan dalam membeli bahan.

Persediaan dan layanan, seperti periklanan, serta dalam menegosiasikan lokasi dan persyaratan untuk sewa tempat.

Sebagai perbandingan, usaha / bisnis independen harus bernegosiasi sendiri, dan biasanya mendapatkan persyaratan yang kurang menguntungkan.

Beberapa supplier / pemasok tidak akan berurusan dengan sebuah bisnis baru atau akan memberikan harga yang mahal untuk kebutuhan bisnis Anda karena bisnis Anda tidak cukup besar.

Waralaba atau Peluang Bisnis?

Peluang bisnis kurang terstruktur dibandingkan dengan waralaba, jadi definisi tentang peluang bisnis sangat tidak mudah untuk dijabarkan. Baca juga : Harus Dihindari Saat Berbisnis Waralaba

Intinya, peluang bisnis adalah sebuah paket barang usaha atau jasa yang memungkinkan pembeli untuk memulai bisnis dan di mana penjual menyatakan bahwa ia akan memberikan rencana pemasaran atau penjualan.

Dan memastikan pembeli bahwa pasar ada untuk produk atau layanan tersebut, dan bahwa usaha tersebut akan menguntungkan.

Berikut adalah faktor kunci pembeda waralaba dan peluang bisnis :

  • Peluang bisnis biasanya tidak menonjolkan merek dagang penjual
  • Pembeli beroperasi di bawah namanya sendiri.
  • Peluang bisnis cenderung lebih murah daripada waralaba dan umumnya tidak mengenakan biaya royalti.
  • Peluang bisnis memungkinkan pembeli untuk beroperasi tanpa batasan wilayah.
  • Sebagian besar usaha peluang bisnis tidak memiliki hubungan dukungan yang berkelanjutan antara penjual dan pembeli; setelah paket awal dijual, pembeli akan berbisnis sendiri.

Keuntungan-Keuntungan Franchise

  • Resiko lebih kecil dibanding membuka bisnis baru
  • Produk dan Sistem yang terstandarisasi
  • Sistem keuangan dan akuntansi bisa lebih rapih
  • Tersedianya pengawasan & konsultasi gratis
  • Terdapat layanan promosi dan Iklan
  • Penelitian dan pengembangan yang berkelanjutan
  • Diberi panduan pemilihan lokasi
  • Disediakan Layanan operasional
  • Bantuan penjualan dan pemasaran