Cara Membuka Bisnis Franchise – Banyak orang tertarik pada bisnis waralaba. Jika hal ini tepat, maka sistem bisnis ini dapat menjadi peta kesuksesan yang menguntungkan untuk Anda. Anda bisa mendapatkan ide hebat jika bekerjasama dengan waralaba atau bahkan anda bisa memiliki bisnis yang sukses melalui waralaba yang telah memiliki rekam jejak kesuksesan dan nama brand yang kuat.

Pakar waralaba Joel Libava mendefinisikan waralaba sebagai “jenis bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh perorangan (franchisee) tetapi bisnis ini tetap diawasi oleh perusahaan yang jauh lebih besar (pemilik waralaba).”

Cara Membuka Bisnis Franchise

Berbisnis waralaba berarti menunjukan Anda ingin berbisnis dengan gagasan yang sudah terbukti berhasil. Tentu saja, seperti halnya bisnis apa pun, masih terdapat tantangan yang ada disaat Anda memulai waralaba dan kemudian menjalankannya.

Anda juga harus memikirkan lokasi, perekrutan karyawan, dan manajemen lainnya seperti bisnis pada umumnya, bahkan dengan model dan merek bisnis yang sesuai dengan tujuan Anda. Dan bagi sebagian pengusaha, kehilangan kendali (Franchisor akan mengawasi Anda) dapat menjadi tantangan bagi mereka yang ingin mandiri.

6 Cara Membuka Bisnis Waralaba:

Persiapkan Budget Anda, Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah bahwa selalu ada biaya waralaba yang dibayarkan dimuka, dan pemilik waralaba sering mewajibkan calon franchisee untuk keuangan yang cukup agar dapat menjalankan bisnis waralaba tersebut.

Periksa keuangan dan aset pribadi milik Anda sehingga Anda dapat mulai mencari waralaba yang sesuai dengan budget yang anda punya. Baca juga : Tips Menjalankan Bisnis Waralaba Yang Sukses

Lakukan Riset, Ketika Anda ingin memulai bisnis, lakukan riset terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda ingin membuka franchise Cafe Yumm, Anda harus memiliki kekayaan bersih sebesar 500.000 dolar. Jika Anda tidak memiliki dana tersebut, lebih baik cari franchise lain yang sesuai.

Anda tidak inginkan membuang waktu ? hanya untuk memimpikan rencana Anda agar dapat membuka waralaba yang anda tidak sanggupi biayanya.

Temui para franchisor dan franchisee lainnya. Tentunya Anda akan sangat membutuhkan banyak sekali informasi mengenai “Rasanya mengoperasikan bisnis waralaba”.

Wawancarai Pemilik Franchise, Biasanya, baik franchisor dan franchisee akan menjalani proses wawancara. Bisa melalui telepon, kunjungan ke kantor pusat, dan bertemu di luar. Hal Ini akan bervariasi, tergantung dari pemilik waralaba mana yang akan Anda pilih, tetapi tujuan pertemuan tersebut adalah untuk membahas kelayakan calon franchisee untuk mengelola bisnis waralaba tersebut, dan juga sebaliknya.

Perhatikan hal-hal seperti berapa banyak dukungan yang ditawarkan oleh franchisor selama bekerjasama, dan apakah mereka akan memberikan pelatihan yang berkelanjutan atau tidak.

Tandatangani perjanjian waralaba, dan jadikan hal tersebut sebagai investasi Anda. Ada biaya dimuka yang dibayarkan kepada franchisor, dan biasanya ada juga franchisor yang memberikan biaya investasi tambahan seperti renovasi dapur atau bangunan outlet. Tetapi ada juga franchise yang memberikan hal tersebut secara gratis.

Perpanjang perjanjian waralaba, Jika semuanya berjalan dengan baik, perpanjang perjanjian waralaba Anda ketika masa kerjasama akan berakhir untuk melanjutkan kepemilikan bisnis tersebut. Biasanya, perjanjian waralaba memiliki waktu 5-10 tahun. Tetapi ada juga perjanjian kerjasama yang selamanya, terutama di Indonesia.

Jenis-jenis waralaba

Kita telah membahas langkah-langkah untuk membuka waralaba. Sekarang kita akan membahas jenis-jenis waralaba apa saja yang dapat menguntungkan saat ini.

Waralaba Makanan. Tentu saja, yang langsung terlintas dalam pikiran anda mengenai waralaba makanan adalah brand-brand besar seperti McDonald, KFC ataupun Pizzahut. Waralaba tersebut merupakan franchise terlaris dan sangatlah populer. Tingkat kegagalan yang rendah telah membantu meningkatkan popularitasnya.

Waralaba Pendidikan anak-anak. Jenis waralaba ini bisa dibilang seperti pusat bimbingan belajar seperti Mathnasium dan Kumon. Industri waralaba ini sempat masuk kedalam jajaran daftar waralaba terbaik pada tahun 2015.

Waralaba Laundry. Layanan pribadi seperti ini contohnya adalah Kliknklin. Tidak seperti banyak waralaba lainnya yang hanya menjual produk, waralaba seperti ini adalah menjual jasa, sehingga kesuksesannya akan sangat bergantung pada karyawannya, dan oleh karena itu, perekrutan dan pelatihan karyawan adalah hal yang sangat penting.

Waralaba kecantikan / spa. Salah satu contoh yang termasuk dalam kategori ini adalah royal garden spa yang memiliki berbagai layanan, termasuk perawatan pijat dan spa seperti facial.