Budaya Membungkuk Orang Jepang

Budaya Membungkuk Orang Jepang – Orang Jepang punya kebiasaan yang unik, yaitu membungkuk hampir di setiap saat. Seperti ketika bertemu kerabat,berkenalan,meminta maaf,mengatakan permisi bahkan ketika mengangkat telpon mereka akan mengangguk sedikit. Kebiasaan ini disebut Ojigi (お辞儀) Ojigi adalah salah satu kegiatan dalam budaya orang Jepang untuk melakukan penghormatan bagi orang lain. Budaya Membungkuk Orang Jepang ini dilakukan pada saat pertemuan pertama dengan seseorang atau orang asing. Perlu untuk diketahui bahwa cara membungkuk pria dan wanita itu berbeda. Biasanya pria akan meletakan kedua tangannya disamping paha mereka ketika membungkuk, sedangkan wanita akan menaruh tangan mereka di atas paha mereka.

Budaya Membungkuk Orang Jepang

japanese culture ojigi

sumber gambar : blogspot.com

Ada beberapa jenis cara membungkuk, yang pertama adalah mengangguk kepala, 5 derajat. Anggukan ini biasanya dilakukan jika bertemu dengan teman, keluarga dekat atau tetangga. Bagi mereka yang memiliki strata yang lebih tinggi, anggukan ini biasanya digunakan untuk membalas anggukan/bungkukan yang lebih dalam dengan maksud untuk menunjukan bahwa strata sosialnya lebih tinggi.

Baca Juga Informasi tentang ” Peluang Usaha yang Paling diminati saat ini

ojigi

(Eshaku 会釈 ), 15 derajat. (Keirei 敬礼), 30 derajat. (Sai-keirei /最敬礼), 45 derajat.

Membungkuk Salam (Eshaku 会釈 ), 15 derajat. Ini merupakan cara formal dalam membungkuk. Fungsinya untuk menyampaikan salam kepada teman atau rekan kerja / bisnis  yang kita ketahui tapi tidak terlalu dekat. Membungkuk Hormat (Keirei 敬礼),30 derajat. Ini merupakan cara membungkuk yag sangat formal. Biasanya disampaikan untuk menunjukan rasa hormat kepada atasan, orang yang lebih tua atau yang jabatannya lebih tinggi. Membungkuk Hormat Tertinggi (Sai-keirei /最敬礼), 45 derajat. Ini merupakan cara membungkuk yang bermakna bahwa si pembungkuk merasa sangat menyesal dan bersalah sehingga ia memohon untuk diberikan maaf. Cara ini juga bisa digunakan untuk memberikan penghormatan kepada orang yang memiliki jabatan atau status sosial yang sangat tinggi,seperti kepada Kaisar Jepang.

Baca Juga Tentang ” Peluang Mitra Bisnis Makanan Jepang di Indonesia

japanese ojigi membungkuk

biasanya dilakukan oleh orang-orang yang membuat kesalahan fatal

Membungkuk Berlutut. Ini merupakan cara membungkuk terakhir yang memiliki arti yang paling dalam. Biasanya dilakukan sebagai permintaan maaf karena telah melakukan kesalahan yang sagat fatal (seperti membunuh). Juga dilakukan sebagai penghormatan kepada raja pada jaman dahulu.

budaya membungkuk orang jepang

sumber gambar : fastjapan.com

Kesimpulannya, semakin kita menghormati orang tersebut, semakin dalam bungkukan kita. Semakin besar perasaan bersalah kita kepada seseorang, semakin dalam pula bungkukan kita.

Baca juga Artikel Tentang ” Jenis Kimono di Jepang

Jangan lupa Like & Share ya

Comments are closed.