7 Keuntungan Berbisnis Franchise – Membeli waralaba sama seperti membeli hak untuk mendistribusikan produk atau layanan tertentu dari penyedia yang bisa dibilang sudah mapan. Waralaba adalah industri yang berkembang pesat dan popularitasnya berkembang dengan pesat karena memiliki beberapa keuntungan, antara lain :

7 Keuntungan Berbisnis Franchise

1. Sudah Terbukti

Membeli waralaba makanan atau waralaba lainnya berarti membeli model bisnis yang sudah terbukti. Karena itu, mungkin bisa dibilang bahwa franchisor memiliki tingkat keberhasilan sukses 5 kali lebih besar dibandingkan jika franchisor mendirikan model bisnisnya sendiri (tidak membeli waralaba).

Karena pewaralaba lain sudah lebih dulu menjalankan operasi bisnis serupa, maka analisa keuangan akan tersedia untuk calon terwaralaba agar dapat mereka analisa.

Hal ini membuat perkiraan untung dan rugi lebih mudah karena calon franchisee benar-benar akan dapat melihat dan memproyeksikan apa yang akan mereka hadapi nanti.

2. Bantuan Pemasaran

Dengan membeli waralaba, Anda juga memiliki bantuan sokongan anggaran pemasaran yang pihak franchisor sudah sediakan sebelumnya. Perlu waktu bertahun-tahun untuk membangun reputasi perusahaan dan kesadaran merek yang kuat.

Seringkali anggaran pemasaran dianggap remeh ketika orang-orang memulai bisnis baru, tetapi ketika membeli waralaba, sebagian besar dana pengeluaran untuk bagian pemasaran akan sedikit berkurang.

3. Mendapat Saran Dari  Pihak yang Berpengalaman

Sebagai imbalan karena telah bekerjasama dengan pihak waralaba, dukungan berkelanjutan seperti pelatihan dan saran juga telah disediakan oleh pemilik waralaba.

Pelatihan dapat mencakup cara mengelola franchise, menangani penjualan, atau aspek umum tentang cara menjalankan bisnis dengan sukses setiap harinya. Ini sangat membantu bagi mereka yang belum pernah menjalankan bisnis sebelumnya.

4. Lebih Hemat

Dengan membuka waralaba, anda dapat lebih mudah menghemat sejumlah uang. Tapi patut diingat, harga sebuah waralaba tergantung pada sejumlah faktor. Biaya pembelian ini akan mencakup hal-hal seperti peralatan. Baca juga : 8 Tips Membangun Bisnis Makanan Untuk Pemula

5. Banyak Jenis Waralaba

Ada berbagai macam jenis waralaba di dunia. MacDonalds, dan Specsavers adalah waralaba terkenal tetapi ada juga waralaba banyak lainnya di setiap lini bisnis, termasuk, perawatan anak, keuangan, perjalanan, instruksi mengemudi, dan bahkan perawatan hewan peliharaan!.

6. Sudah Memiliki Base Konsumen

Banyak pemilik waralaba menawarkan wilayah penjualannya kepada franchisor ketika mereka ingin pindah lokasi waralaba dan sebagai akibatnya, ada peluang untuk mendapatkan penghasilan sejak hari pertama. Demikian pula, beberapa pemilik waralaba akan memiliki jaringan konsumen ‘nasional’ yang berarti franchisee baru memiliki ‘hubungan’ langsung dengan pelanggan utama.

7. Anda Tidak Sendirian

Meskipun Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari menjalankan bisnis Anda sendiri, satu keuntungan utama dari menjalankan bisnis waralaba adalah Anda tidak akan benar-benar sendirian. Jaringan waralaba tempat Anda berada telah dirancang untuk mendukung Anda melalui tantangan apa pun. Baca juga : Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Akibatnya, sekarang banyak orang di dunia telah menemukan bahwa waralaba adalah cara yang bagus untuk memungkinkan mereka untuk menuai hasil dari menjalankan bisnis mereka sendiri dengan sejumlah resiko yang telah dikurangi.