5 Tips Memilih Bisnis Untuk Start Up

5 Tips Memilih Bisnis untuk Start Up – Hanya dengan modal nekat saja satu bisnis tidak akan berjalan dengan baik, perlu banyak sekali pertimbangan untuk dapat membuat suatu produk yang di terima masyarakat.

Ada saja masalah yang biasanya terjadi di awal bisnis membangun bisnis makanan , bisa salah memilih produk, salah memilih lokasi, salah melakukan pemasaran, salah rekrut tim, salah menentukan hpp.

Banyak sekali masalah yang akan terjadi bila kamu memulai semua dari nol. Dan sebelum kamu melewati semua masalah itu. Baca Juga : 5 Tips Membangun Tim Dalam Bisnis

Mimin punya tips bagaimana kamu memilih bisnis yang tepat agar kedepannya bisanis kamu berpotensi dan punya nilai yang bagus di mata customer, bukan hanya sekedar ikut-ikut trend yang ada.

Ini dia tips nya :

5 Tips Memilih Bisnis untuk Start Up

1. Skill

Setiap manusia diciptakan pasti memiliki skill atau kemampuan yang berbeda, ada yang bisa memasak, menggambar, foto , dekorasi,buat kue dll nya.

Sebelum kamu melangkah ketahap selanjutnya dalam bisnis pastikan kamu tau apa kemampuan kamu, agar saat kamu mulai melakukan bisnis kamu sudah sedikit mengetahui bagaimana cara mengoperasionalkan bisnisnya.

Contoh : kamu bisa memasak kue, nah itu basic kamu bila ingin memulai bisnis. Bikinlah toko kue dan mulalilah mencari diferensiasi ataupelajari pemasaran.

Kamu tidak perlu lagi memulai mencari tau tentang produk kue nya, karena kamu sudah memiliki basic ilmunya hanya tinggal mengasah.

2. Produk

Carilah produk yang memang sudah diminati atau sudah memiliki pasar yang luas. Dan juga bukan makanan musiman atau cemilan yang booming sesaat saja.

Pastikan minimal produk sudah lebih dari 5 tahun ada di pasar Indonesia dan terus masih eksis sampai saat ini.

Jangan kamu membuat produk yang orang lain sampai tidak mengetahui sama sekali, karena kamu ingin membuat produk yang beda dari orang lain. Itu akan sangat sulit untuk memperkenalkan ke masyarakat luar. Butuh waktu dan biaya lebih untuk pemasarannya.

3. Sistem bisnis

Dari awal sebelum bisnis kamu harus sudah menentukan mau dibawa kemana arah bisnis kamu,contohnya saya ingin membuka restaurant yang kedepannya akan membuka cabang dengan sistem kemitraan.

Bila kamu sudah menentukan itu kamu juga sudah mulai membangun fundamental bisnis dengan model jaringan kemitraan, pelajari tips suksesnya kemudian membangun tim juga dengan alur atau fokus pada keberhasilan bisnis kemitraan.

4, Partner atau Staff

Sebelum atau setelah bisnis kamu berjalan, kamu harus pastikan semua divisi berjalan dengan baik atau seharusnya.Kamu juga harus menentukan untuk di awal bisnis baiknya kamu ingin rekrut karyawan atau cari partner dan bagi saham.

Karena itu juga sangat penting, lihat lah cashflow mu, apakah cukup bila rekrut karyawan dan menggajinya? Bila tidak berpartner menjadi hal yang lebih baik.

Tapi jangan asal memilih pastikan rekrut sesuai dengan kebutuhan terdekat dahulu dan memang orang yang kita pilih memiliki skill yang sesuai. Baca Juga : Membangun Omset Atau Cashflow di Awal Bisnis

5. Pendanaan

Uang atau modal menjadi hal yang terpenting di awal sebelum atau sesudah bisnis. Jadi pastikan kamu sudah tau modal yang akan kamu mulai dari mana untuk memulai peluang usaha makanan yang akan kamu jalani.

Apakah dari diri sendiri atau investor? Ada kelebihan dan kekurangannya, jadi kita harus menghitung sebelum memastikan mengambil jalan yang mana.

Segitu dulu ya mimin kasih masukan buat kamu, semoga bisa bermanfaat dan tetap semangat untuk mencari ilmu dan terus berjuang ya.

SUKSES SELALU !