5 Tips Membuka Cabang Kuliner

5 Tips Membuka Cabang Kuliner – Membuka bisnis kuliner bukanlah hal yang mudah, namun banyak sekali orang yang ingin membuka bisnis kuliner.

Karena apa? Karena mereka berfikir kalo semua orang butuh makan, tidak ada satu orang pun yang tidak suka makan. Minimal satu orang makan 3x sehari.

Dari situ saja kita bisa simpulkan kalo usaha makanan sangat berpotensi bila kita tau cara nya. Tidak sedikit orang juga yang rela meninggalkan pekerjaannya, demi berbisnis makanan karena banyak pengusaha atau role bisnis makanan yang sukses. Baca Juga : 5 Tips Memilih Bisnis Untuk Start Up

Dan salah satu caranya agar usaha cepat dikenal dan menguntungkan adalah dengan membuka cabang. Tapi tidak semudah itu lagi. Kamu harus pikirkan beberapa hal sebelum kamu membuka cabang baru.

Ini ada beberapa masukan dari mimin untuk kamu resapi :

5 Tips Membuka Cabang Kuliner

1. Cabang Sudah Profit

Pastikan cabang pertama kamu sudah menghasilkan pendapatan bersih ke kantong kamu. Omset atau sales sudah dikurangi biaya operasional lainnya, seperti biaya sewa, gaji staff, bahan baku, listrik air dll.

Jangan membuka cabang sebelum cabang pertama kamu belum menghasilkan, karena kita belum tau apakah market siap menerima produk dari kamu.

Bila cabang belum menghasilkan, lebih baik Re-lokasi atau ubah konsep atau juga bisa ubah produk dllnya. Yang terpenting adalah cabang kamu sudah menghasilkan.

2. SOP cabang sudah baik

Sebelum membuka cabang ada hal lain juga yang penting, yaitu bisnis kamu sudah tersistem dengan baik. Agar rasa produk, pelayanan, kebersihan dllnya dari satu cabang ke cabang kedua sudah sama memiliki kualitas yang baik dan standarisasi yang sama.

3. Controlling

Mengontrol satu cabang dengan 2 cabang berbeda halnya, dari segi waktu dan masalah setiap cabang yang bebeda. Jadi pastikankamu harus membuat standart control cabang dan bisa membagi waktunya.

Agar kegiatan operasional di kedua cabang usaha makanan kamu bisa berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya.

4. Modal awal

Pastikan sebelum membuka cabang kedua kamu sudah memiliki modal untuk buka cabang baru dan modal ditahan 3-4 bulan. Tidak disarankan membuka cabang dengan uang operasional cabang pertama, atau membuka cabang dengan modal yang kurang atau pas-pas an. Baca Juga : 5 Tips Membangun Tim Dalam Bisnis

Karena itu akan menghambat semua cashflow, baik dari cabang pertama juga dengan cabang kedua.

5. Staff atau karyawan

Pastikan kamu sudah Training karyawan dengan baik, baik untuk produk, operasional , pencatatan, stockiest dll nya.

Dan juga yang tidak kalah penting pastikan kamu punya staff cadangan atau freelancer untuk menggantikan karyawan bila sedang libur atau bila sedang berhalangan sakit.

Agar outlet selalu buka dan bisa melayani konsumen setiap harinya.

Nah itu dulu ya gengs masukan dari mimin, semoga bermanfaat dan bisa jadi bahan pertimbangan untuk kamu buka cabang baru.

Tetap Semangat dan Sukses selalu.