5 Social Media yang Bisa Bikin Bisnis Berkembang

5 Social Media yang Bisa Bikin Bisnis Berkembang – Pada zaman digital seperti sekarang. Sangat mudah rasanya mencari informasi yang ingin kita ketahui. Mulai dari mesin pencari google, bing, yahoo dan lain-lain. Bisa menyediakan informasi secara cepat dan teraktual. Dari mesin pencari tersebut pun kita bisa memanfaatkannya untuk mendaftarkan bisnis yang sedang kita jalani. Bahkan kita juga bisa mendapatkan calon pelanggan untuk bisnis kita.

5 Social Media yang Bisa Bikin Bisnis Berkembang

Selain melalui mesin pencari. Kita juga bisa mendapatkan calon pelanggan setia melalui social media. Jejaring social atau biasa kita menyebutnya dengan socmed (social media) sekarang telah beralih fungsi. bukan lagi sebagai alat untuk ajang pertemanan saja. Sekarang social media sudah dijadikan arena untuk berbisnis oleh para enterpreneur.

Dilansir dari CNN Money, “sejauh ini hampir 75% pebisnis kecil tercatat telah memanfaatkan media sosial guna memperlancar usahanya”. Sebagai buktinya, Anda bisa menemukan banyak produsen atau sales yang memasarkan produknya lewat Facebook, instagram, twitter dan lain-lain. Sejumlah foto berisi contoh gambar produk dan daftar harga banyak terpampang di media sosial tersebut.

Banyak orang yang sudah mengakui keampuhan penggunaan media sosial dalam meningkatkan prospek bisnis yang tengah dijalani. Maka bagi Anda yang ingin berbisnis lewat media sosial, berikut kami sajikan 5 Social Media yang Bisa Bikin Bisnis Berkembang.

Baca informasi tentang ” Bisnis Kuliner Jepang Halal dan Sehat

 

facebook-daddys-takoyaki

Sumber gambar : kertaswarna.com

1. Facebook

Facebook merupakan social media terbesar didunia saat ini. Anda dapat menjalin dan membina hubungan dengan klien yang potensial.

Menurut Joe DiNardo dari Blue Fontain Media di kota New York mengatakan, ketika memposting sesuatu di halaman Facebook maka Anda dapat menambahkan nilai di halaman Facebook.

Anda dapat menambahkan ulasan singkat mengenai bisnis Anda, dan menghubungkannya dengan berita industri.

Hal penting yang harus di ingat adalah jangan beriklan langsung di halaman Anda. Hal itu dapat membuat orang tidak menyukainya. Sementara Facebook, tempat baik untuk mengatasi keluhan pelanggan, tetapi tidak terllibat dalam diskusi yang panjang.

“Cobalah untuk membawa keluhan ke dunia Anda, dan merespon secara pribadi, tetapi hanya merespon sekali,” tutur Don Sorensen, Pendiri Big Blue Robot.

Baca juga tentang ” Kemitraan Waralaba Kuliner dan Peluang Usaha

twitter-for-business-daddys-takoyaki

Sumber gambar : talentedladiesclub.com

2. Twitter

Orang yang menggunakan Twitter biasanya hanya beberapa jam per minggu untuk membaca, mengirim dan mencari pesan. Untuk memaksimalkan jangkauan Anda, maka gunakan simbol hashtag atau pilihan pencarian lanjutan untuk menemukan pertanyaan yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan situs ini untuk mempromosikan acara, berita, membangun basis pelanggan Anda dengan mengembangkan percakapan.

Sebaiknya Anda juga jangan terus menerus untuk melakukan retweet. Coba hati-hati membaca artikel sebelum Anda retweet untuk memastikan Anda merasa nyaman dengan ide yang Anda sampaikan.

“Dengan membantu dan meningkatkan keterlibatan dengan pembaca maka itu dapat berubah menjadi pelanggan,” tutur Dinardo.

 

linkedin-business-professionals-daddys-takoyaki

Sumber gambar : andreacallahan.com

3. LinkedIn

linkedin merupakan social media yang dikhususkan untuk para pengusaha, karyawan ataupun mereka para entrepreneur. Banyak dari mereka memasang resume, dan membaca blog berorientasi karir dan artikel berita. Situs ini baik digunakan untuk menjangkau klien potensial.

Sebaiknya Anda juga jangan terlalu banyak menghabiskan waktu dengan menawarkan produk dan jasa.

Untuk memaksimalkan jaringan ini, DiNardo menuturkan, Anda dapat menjalin hubungan dengan karyawan potensial berkualitas tinggi. Bergabung dengan Linkedln juga berhubungan dengan perusahaan.

 

pinterest-screen-daddystakoyaki

Sumber gambar : constantcontact.com

4. Pinterest

Situs ini menjadi tempat untuk membuat dan berbagi link yang berpusat pada tema visual (gambar). Sebaiknya situs ini digunakan untuk mempromosikan merk Anda kepada khalayak umum.

Anda dapat menggunakannya dengan membuat gambar yang berisi deskripsi yang menarik sehingga orang dapat mencarinya. Meski demikian, sebaiknya jangan mengumbar mengenai buku favorit, fashion dan foto perjalanan Anda. Lalu jangan gunakan gambar hak cipta untuk membuat pin.

 

5 Social Media yang Bisa Bikin Bisnis Berkembang

Sumber gambar : tipsjualonline.com

5. Instagram

Seperti pinterest, instagram merupakan social media yang mengutamakan tema visual (gambar) untuk saling berinteraksi. Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan mempromosikan merek atau produk anda melalui gambar.

Sebaiknya Anda juga jangan membiarkan akun Anda off terlalu lama. Perbaharui dengan gambar baru setidaknya setiap minggu.

Menurut data dari SumAll, pendapatan yang dihasilkan oleh pengikut Instagram adalah 10 kali lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seorang pengikut Twitter. Jostes pun merekomendasikan untuk menggunakan hashtag untuk mencari foto produk Anda.

Sekian informasi mengenai 5 Social Media yang Bisa Bikin Bisnis Berkembang dari kami. jika anda merasa info ini bermanfaat jangan lupa klik like & share ya. Arigatou Gozaimasu.

Baca Artikel Tentang ” Peluang bisnis yang Potensial di Masa Depan

Dikutip dari berbagai sumber*

 

2 replies on “5 Social Media yang Bisa Bikin Bisnis Berkembang

Comments are closed.