4 Tips Sederhana Memasarkan Bisnis Makanan

4 Tips Sederhana Memasarkan Bisnis Makanan – Anda punya bisnis makanan? Baca lima tips pemasaran dan PR cepat

Apakah Anda kesulitan dalam mendapatkan perhatian konsumen untuk bisnis makanan Anda? Atau apakah bisnis makanan / waralaba makanan Anda sudah berjalan dengan baik, tetapi Anda ingin membawa bisnis tersebut ke tahap selanjutnya selanjutnya?

Kalau begitu bacalah 4 tips berikut ini untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan penjualan bisnis makanan Anda.

4 Tips Sederhana Memasarkan Bisnis Makanan

Baik Anda menjalankan bisnis makanan dipinggir jalan, waralaba makanan jepang / waralaba takoyaki, didalam ruko atau bahkan didalam mall besar dan berkelas, memasarkan bisnis Anda kepada audiens yang tepat sangatlah penting.

Namun nyatanya, kita terlalu sering terjebak dalam menjalankan operasional bisnis sehari-hari, dan tidak sempat memikirkan cara untuk menarik pelanggan baru yang mungkin akan jauh lebih menguntungkan, atau meningkatkan penjualan makanan ke pembeli setia brand kita.

Tapi patut di ingat, sekecil-kecilnya marketing dan humas yang kita jalankan bisa menjadi sangat bermanfaat dalam meningkatkan penjualan. Contohnya adalah pelanggan baru Anda mungkin akan merekomendasikan produk Anda secara mulut ke mulut. Baca juga : Menjalankan Bisnis Waralaba Restoran ? Pelajari 5 Tips Sederhana Ini

Dan tentu saja, hal tersebut akan berdampak positif untuk bisnis yang Anda jalankan. Tetapi, dengan waktu yang sangat berharga, bagaimanakah cara Anda mengidentifikasi apa yang harus Anda lakukan? atau Tindakan mana yang akan memberikan hasil terbesar?

Jika Anda memiliki waktu kosong, cobalah pikirkan bagaimana mempromosikan bisnis Anda dengan cara terbaik, dan putuskan apakah ada hal yang dapat anda terapkan dari lima ide ini agar dapat mensukseskan strategi bisnis Anda.

1. Promosi Silang

Sebelum menyiapkan kampanye pemasaran yang rumit, coba berkelilinglah lihat kota Anda. Sepertinya Anda bukan satu-satunya bisnis kuliner yang ada di kota, jadi lihat bagaimana Anda dapat melakukan lintas promosi dengan perusahaan lain atau dengan supplier yang anda punya.

Mungkin Anda bisa bekerja sama dengan toko bunga dan menawarkan keranjang makanan kecil untuk diikat dengan hadiah bunga? Atau mungkin Anda bisa membuat lunch box untuk hotel yand ada dikota anda?.

Branding dan logo yang tertempel pada kemasan Anda, akan memungkinkan produk dan layanan Anda bisa dikenal ke seluruh kota, dan bahkan berpotensi dikenal ke luar kota wilayah anda menjalankan bisnis kuliner.

2. Kesan Pertama Itu Penting

Pernahkah Anda memperhatikan booth Anda akhir-akhir ini dan melihat dengan seksama apa yang dilihat pelanggan Anda saat mereka berada di dekat booth Anda? Kesan pertama adalah kuncinya dan jika booth Anda tidak menarik, lalu mengapa orang-orang ingin membeli produk Anda?

Pertimbangkan untuk menggunakan warna yang mencolok. Atau gunakan pernak-pernik yang sesuai dengan tema masakan Anda.

Jika anda mempunyai website, lihat kembali situs web Anda dari sudut pandang pelanggan dan pastikan Anda tidak melewatkan apa pun. Apakah Anda punya logo yang bagus?.

Apakah pencitraan merek Anda konsisten. dan navigasi website Anda jelas? Situs web yang dirancang dengan baik dapat membuat perbedaan besar bagi keberhasilan usaha online.

3. Lihat Sekeliling Anda

Cari tahu tentang event makanan, acara, atau festival musik di daerah Anda dan lihat bagaimana Anda dapat menggabungkan layanan Anda ke dalam aktivitas tersebut.

Mungkin akan bisa sangat menguntungkan jika Anda menawarkan katering ke acara tersebut, atau Anda dapat mendirikan kios di sebuah acara, dan hanya menjual beberapa produk populer milik Anda.

Meskipun bisnis Anda online, memberikan pengalaman ‘kehidupan nyata’ kepada calon pelanggan – dan memungkinkan mereka untuk berbicara dengan Anda, melihat (dan bahkan mencicipi) produk Anda, akan sangat membantu.

4. Manfaatkan Hari-Hari Khusus

Memaksimalkan pengaruh bisnis makanan Anda pada waktu-waktu penting dalam setahun adalah cara yang pasti untuk meningkatkan penjualan Anda.

Baik itu Ramadhan, Natal, Waisak atau liburan sekolah, Anda dapat dengan mudah menemukan peluang promosi terbaik di moment-moment ini.

Apa pun yang berbeda dan tentu saja dengan harga yang bersaing dapat memberikan Anda pelanggan baru.

Luangkan waktu untuk mempromosikan bisnis makanan Anda hari ini. Kami menghargai bahwa seringkali sulit menemukan waktu untuk membuat rencana ke depan.

Tetapi tanpa strategi pemasaran yang jelas, Anda berisiko membuang-buang peluang untuk mengembangkan (atau bahkan hanya untuk mempertahankan) bisnis Anda.

Meluangkan waktu untuk meninjau aktivitas pemasaran Anda dan menerapkan 4 tips sederhana ini dapat berdampak besar pada bisnis Anda, dan membantu Anda menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan penjualan Anda.